Nadia Comaneci, Atlet Senam Dunia Pertama Peraih Skor Sempurna

Text : Maya Soeparwoto | Media Source: USA Today,Reuters,Montreal Gazette, Montreal Gazette | 3 August 2016

SPORTKU.COM

Penampilan gadis berusia 14 tahun ini menuai decak kagum di Olimpiade Montreal, 1976.

18 Juli 1976, di arena pertandingan cabang senam. Hari itu adalah hari kedua penyelenggaraan Olimpide Montreal. Seorang gadis kecil cantik dengan rambut berekor kuda melakukan aksinya pada nomor palang bertingkat. Liukan tubuhnya yang elastis membuat semua mata tertuju padanya. Decak kagum tak hentinya keluar tak hanya dari penonton tapi juga para komentator olah raga yang saat itu bertugas.

Kemudian di  papan skor tercetak angka 10 sempurna. Gemuruh penonton tak henti-henti. Sontak sang gadis kecil tak menyangka bahwa sejak saat itu menjadi sebuah momentum. Nadia adalah pesenam dunia pertama yang menorehkan skor sempurna.

  Skor sempurna, 10 diraih Nadia Comaneci pada Olimpide Montreal, 18 Juli 1976

Adalah Nadia Comaneci. Pesenam asal Rumania yang kini rambutnya tak berekor kuda lagi. Dengan skor sempurna, Nadia sudah menjelma menjadi seoang legenda hidup, seorang ikon yang menandai keberhasilan kariernya, negaranya bahkan perhelatan Olimpiade itu sendiri.

Tiga medali emas untuk nomor palang bertingkat dan palang sejajar, satu medali perak untuk nomor balok keseimbangan dan satu medali perunggu yang diraih Nadia menjadikannya pujaaan penonton di Olimpiade saat itu.

Pada 18 Juli 2016, Nadia kembali mengunjungi Montreal untuk perayaan 40 tahun skor sempurnanya.  "Ini seperti sebuah waktu yang sama terjadi lagi saat saya melihat aksi pertandingan di usia 14 tahun. Sebenarnya saat itu saya kurang mengerti, apa yang terjadi" Mungkin karena usia saya masih belia' tutur Nadia Comaneci

Nadia berpose di depan foto-foto dirinya saat di Olimpiade Montreal 1976, tampak para wartawan mengabadikannaya

Sang pelatih, Bela Karolyi dengan istrinya Martha mengungkapakan bahwa mereka tak pernah berfikir akan meraih kemenanangan. Apalagi sebuah medali emas. Mereka hanya berusaha sebaik mungkin pada kompetisi bergengsi ini.

Angka sempurna yang ditorehkannya sontak wajah dan aksi Nadia menghiasi sampul-sampul majalah mingguan tenar seperti Time, Newswek, dan Sports Illustrated.

Pada 1981 Nadia resmi pensiun sebagi atlet senam profesional. Kemudian ia membelot dari Rumania pada tahun 1989, beberapa minggu sebelum revolusi Rumania menggulingkan diktator Nicolae Ceausescu, dengan bantuan yang diduga kekasihnya yaitu Constantin Panait. Aksi membelot ini juga sebelumnya dilakukan oleh pelatih Karolyi, dan istrinya pada tahun 1981. Sejak saat itu Comaneci dalam pengawaasan ketat pejabat Rumania hingga aktifitas wisatanyapun dibatasi.

Pada 1981 Nadia resmi pensiun sebagai atlet senam profesional. Kini dia adalah seorang Ibu yang berjodoh dan menikah dengan pesenam AS sekaligus peraih medali emas Olimpiade, Bart Conner pada tahun 1996. Pasangan ini dikaruniai seorang putra yaitu Dylan Paul Conner pada 3 Juni 2006.

Bart Conner, Dylan Conner dan Nadia Comaneci saat menghadiri perayaan 40 tahun skor sempurna Nadia Comaneci di Montreal, 18 Juli 2016

Kini pasutri pesenam ini bermukim di Oklahoma, AS.  Semangat gimnastik mereka seakan tak pernah padam. Meregenerasi bibit-bit muda, Nadia dan Bart memiliki sebuah Akademi senam, Bart Conner Gymnastics Academy di Norman, Oklahoma. Tak hanya mendirikan akademi, mereka juga memiliki majalah Internasional dan website khusus untuk dunia gimnastik. Di bidang sosisl mereka juga bekerja untuk Olimpiade Khusus dan kegiatan amal untuk anak-anak.

Empat puluh tahun lalu dan kini, Nadia tetaplah Nadia, pribadi yang rendah hati dengan angka sempurna yang pernah ditorehkannya.

Lompatan Nadia Comaneci dari nomor palang bertingkat yang menuai skor sempurna 10 pada Olimpiade di Montreal, 18 Juli 1976

 

  • facebook share
  • twitter shere

RELATED NEWS

Jason Umboh, Meniti Karier Balap

Jason Umboh, Meniti Karier Balap

PROFILE
YROI Tangerang Racing Team Meluncur

YROI Tangerang Racing Team Meluncur

PROFILE
Perjalanan Petouring Bersama Polygon

Perjalanan Petouring Bersama Polygon

PROFILE
Pengalaman Pahit Ali Adrian

Pengalaman Pahit Ali Adrian

PROFILE

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company