Fakta Di Balik Angka Olimpiade 2016

Text : Republika | Editor: Maya Soeparwoto | 6 August 2016

SPORTKU.COM

Fakta apa yang terkandung di balik angka Olimpiade Rio 2016?

Olimpiade tahun ini, menjadi agenda empat tahunan yang ke-31 kalinya sejak pertama kali hajatan multi event serupa dihelat pada 1986 silam. Berikut merupakan fakta dalam angka, Olimpiade Rio 2016:

42. Menjadi jumlah cabang olah raga (cabor) yang dipertandingkan. Jumlah cabor pertandingan tahun ini, lebih banyak dari Olimpiade 2012 di London yang cuma mempertandingkan sebanyak 26 cabor. Dari 42 cabor pertandingan di Rio tahun ini, terbagi ke dalam 306 nomor pertandingan yang dipertandingkan di 37 venue sampai 21 Agustus mendatang.

205. Sebetulnya tercatat sebanyak 204 negara yang diakui Komite Olimpiade Internasional (IOC) yang ikut serta dalam olimpiade. Akan tetapi, IOC memutuskan untuk membolehkan satu Tim Olimpiade Pengungsi yang pada Olimpiade 2012 tak diizinkan membentuk tim.

553. Merupakan jumlah kontingen atlet terbanyak. Mereka datang dari negara adi daya Amerika Serikat (AS). Para atlet Paman Sam itu lebih banyak ketimbang para atlet tuan rumah yang cuma mengikutsertakan hanya 476 orang. Sementara Indonesia, tahun ini memberangkatkan 28 atletnya yang akan bertanding di tujuh cabor.

4924. Merupakan jumlah medali yang disiapkan tuan rumah untuk masing-masing nomor olahraga.

  • facebook share

RELATED NEWS

Jokowi Resmikan Empat Venue

Jokowi Resmikan Empat Venue

ACTUAL
M. Fadli Ikuti Lomba Lari

M. Fadli Ikuti Lomba Lari

ACTUAL
Ring Tinju Tertinggi di Dunia

Ring Tinju Tertinggi di Dunia

ACTUAL
Politeknik Olahraga Indonesia di Palembang

Politeknik Olahraga Indonesia di Palembang

ACTUAL

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company