Pengungsi Kongo Raih 'kemenangan' Oleh Sambutan Penonton Olimpiade

Text : Maya Soeparwoto | 12 August 2016

SPORTKU.COM

Suara gemuruh penonton sudah cukup untuk Popole Misenga di arena Olimpiade Rio.

Saat memasuki arena, atlet judo Brasil yang tergabung dari tim pengungsi Olimpiade, Popole Misenga hanya membayangkan bahwa dia akan mudah ditaklukan. Namun penonton di seluruh arena berteriak "Po-po-le," sebagai tanda dukungan.

Ketakutan Misenga  bukan tanpa alasan. Pasalnya Misenga akan menghadapi judoka Korsel yang disegani sekaligus ditakuti para judoka dunia. Kerperkasaan Gwak Dong Han terbukti. Hanya menempuh durasi empat menit untuk mengalahkan Misenga. Ini adalah kemenangan Gwak Dong Han yang pertama di Olimpiade Rio.

Gwak Dong Han saat mengalahkan Popole Misenga di Olimpiade Rio 2016

"Saat mendengar teriakan penonton menyebut Popole, saya merasa sangat senang," ujar Misenga yang mengenakan kimono biru cerah, kepada wartawan setelah kompetisi. "Saya kini menyadari, saya adalah juga seorang judoka" ujarnya riang

"Apa yang Popole lakukan hari ini adalah perpaduan semangat heroik dan kerja keras," kata pelatih judo Brasil, Geraldo Bernardes. "Semua orang takut dari dengan kehebatan judoka Korea," ujar Bernardes sembari mengacu pada Gwak, yang memenangkan di kelas 90-kilogram pada tahun lalu.

Saat melarikan dari negaranya Republik Demokratik Kongo, Misenga masih berusia 9 tahun dan dipisahkan dari keluarganya. Dia berjalan selama delapan hari di hutan sebelum akhirnya diselamatkan dan dibawa ke pusat pengungsi di ibukota Kinshasa.

Di sana, ia diperkenalkan dengan olah raga  judo, belajar, berlatih dan akhirnya mencapai progres yang baik. Misenga dipilih pada kejuaraan dunia DRC pada 2013 di Brasil.

Setelah berada di Rio de Janeiro, karena tak memiliki dan kelengkapan surat-surat, Misenga dibantu oleh pelatihnya dan juga dengan sesama anggota tim pengungsi Yolande Bukasa Mabika yang juga berhasil melarikan diri.

Misenga akhirnya bisa bertahan hidup dari bantuan para tetangga dan melakukan pekerjaan lepas. Akhirnya Misenga resmi terdaftar sebagai anggota tim pengungsi dan kembali berlatih judo.

Bernardes bertemu Misenga dan Mabika kala keduanya dalam kondisi memprihatinkan, tak memiliki tempat tinggal bahkan tak ada biaya makan.  Hal ini terus diingat oleh keduanya bagaimana mereka bisa melewati itu semua hingga kini.

Sebagai pelatih, Geraldo Bernardes sudah menorehkan kesuksesan. Dia adalah pelatih dari judoka Brasil Rafaela Silva, yang berhasil meraih medali emas pada hari Senin lalu.

Popole Misenga, Geraldo Bernardes dan Yolande Bukasa Mabika

"Kami membeli untuk dia (Mabika) sebuah kemeja putih yang ia butuhkan untuk kompetisi," katanya. Yolande sendiri adalah juga atlet judo putri kelas di bawah 70-kilogram dan telah dikalahkan oleh judoka Israel Linda Bolder.

Meski Misenga belum berhasil menjatuhkan Gwak Dong Han namun dia berhasil memenangkan pertandingan putaran pertama di kelas 90-kilogram putra. Misenga menaklukkan pejudo India Avtar Singh.

Popole Misenga saat mengalahkan judoka India Avtar Singh di Olimpiade Rio, Rabu (10/8/2016)

Hingga kini Misenga sendiri belum berhasil bertemu dengan para keluarga DRC nya, termasuk dua saudara laki-lakinya, selama 18 tahun ini. Kini dia telah memiliki seorang istri Brasil dan seorang anak laki-laki.

Saat diminta untuk memberikan pesan kepada masyarakat Kongo dan pengungsi dunia, Misenga mengatakan: "Percayalah pada dunia olahraga. Jangan menyerah dengan semua impian Anda.."
Setelah melalui karirnya sebgai atlet judo misenaga merasa lebih termotivasi dari sebelumnya.

"Sayatidak akan pernah berhenti. Ini adalah profesi hidup saya. Saya akan menjadi lebih kuat dan saya akan datang kembali dan mengalahkan  dia (Gwak)."

"Saya akan memenangkan medali," katanya. "Kalian t tunggu dan lihat." janji Mienga

Popole Misenga dan Yolande Bukasa Mabika

 

 

  • facebook share

RELATED NEWS

One Championship Gelar 24 Pertandingan

One Championship Gelar 24 Pertandingan

MIX MARTIAL ART
Hasil Laga One Championship Jakarta

Hasil Laga One Championship Jakarta

MIX MARTIAL ART
The Terminator Ingin Menang

The Terminator Ingin Menang

MIX MARTIAL ART
Pembuktian Adrian di One Championship

Pembuktian Adrian di One Championship

MIX MARTIAL ART

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company