Rexy Pesimis Akan Atlet Putri Sekaligus Optimis Dengan Pemain Putra

Text : Republika | Photo / Video : Badminton Indonesia | Editor: Maya Soeparwoto | 19 August 2016

SPORTKU.COM

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Rexy Mainaiky mengakui kaderisasi tunggal putri masih berjalan lambat.

Terbukti pada Olimpiade 2016 Indonesia tidak bisa menunjukkan eksistensinya di nomor ini.

"Tapi untuk kembali memiliki pemain-pemain andalan di tunggal putri seperti era Susi Susanti dan Mia Audina, butuh proses dan tidak bisa instan," kata Rexy di Rio de Janeiro, Brasil, Kamis (18/8/2016).

Ia berharap lapisan pemain muda tunggal putri di bawah Lindaweni, seperti Gregoria Mariska, Hana Ramadhini dan Fitriyani bisa terus diasah kemampuannya, dengan lebih sering mendapat kesempatan bertanding di turnamen-turnamen tingkat internasional.

Rexy sendiri belum berani menjanjikan pemain lapis kedua tersebut bisa lolos dan siap untuk Olimpiade berikutnya di Tokyo tahun 2020, karena perlu perlu ada proses.

Diharapkan menjelang Olimpiade berikutnya tersebut, secara bertahap akan muncul pemain-pemain tunggal putri yang bisa mendekati persaingan di tingkat atas, untuk menggantikan Lindaweni yang hingga saat ini prestasi masih sulit naik.

Lindaweni, peringkat 25 dunia, yang menjadi satu-satunya tunggal putri Indonesia pada Olimpiade 2016, tersisih pada babak penyisihan grup setelah menelan dua kali kekalahan dan tidak pernah menang.

Selain Lindaweni, Rexy dalam Olimpiade 2016 ini juga menyoroti kegagalan Hendra Setiawan/M Ahsan pada tunggal putra.

"Seharusnya Hendra Setiawan dan Ahsan dapat mengatasi tekanan dalam pertandingan berat seperti di Olimpiade ini, karena sebenarnya level mereka sudah cukup tinggi, dan mereka sudah pernah ikut Olimpiade sebelumnya," kata peraih emas ganda putra Olimpiade 1996 itu.

Sementara itu untuk tunggal putra, Rexy optimistis pemain-pemain muda di bawah Tommy Sugiarto seperti Ihsan Maulana Mustofa dan Jonatan Christie akan siap dalam empat tahun ke depan.

Baca juga:
Satu Medali Emas di Rio, Rexy Anggap Target Belum Tercapai?

  • facebook share

RELATED NEWS

Tontowi/Liliyana Absen

Tontowi/Liliyana Absen

BADMINTON
Ade/Wahyu Harumkan Indonesia

Ade/Wahyu Harumkan Indonesia

BADMINTON
Kesabaran Bawa Irfan ke Semifinal

Kesabaran Bawa Irfan ke Semifinal

BADMINTON
Fajar/Rian Finalis Bitburger Open

Fajar/Rian Finalis Bitburger Open

BADMINTON

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company