Raih Medali Emas Kedua, Usain Bolt: Saya Di Antara Ali Dan Pele

Text : Maya Soeparwoto | Editor: Andi Wahyudi | 19 August 2016

SPORTKU.COM

Usain Bolt meraih kemenangan di nomor 200m putra sekaligus merupakan medali emas keduanya di Olimpiade Rio 2016. Terhitung kini Bolt sudah mengoleksi delapan medali Olimpiade sepanjang karirnya.

Manusia tercepat di dunia ini telah mencetak skor waktu 19,78 detik disusul di tempat kedua pelari Kanada Andre de Grasse dan ketiga pelari Perancis Christophe Lemaitre.

Bolt, 29, telah memenangkan nomor 100m di Rio dan akan berlanjut pada final di nomor estafet 4x100m, pada Sabtu dini hari.

Bolt berambisi menyamai prestasinya dengan raihan medali emas di nomor 100m, 200m dan estafet 4x100m, keduanya dicapai di Olimpiade Beijing 2008 dan London 2012.

Pelari asal Jamaika ini mengatakan pada bulan Februari ia akan pensiun setelah Piala Dunia 2017 dan bila berhasil delapan medali Olimpiade.

"Saya datang ke sini dan merealisasikan apa yang saya ingin saya adalah sebuah pemikiran yang cemerlang," ujarnya kepada BBC Sport.

"Saya tidak senang jika terkait torehan waktu saat melewati garis finish tapi saya senang jika mendapat medali emas. Itu kuncinya"

Tercatat dalam sejarah atletik Olimpiade, hanya sprinter AS dan atlet lompat jauh Carl Lewis dan atlet lari jarak jauh Finlandia Paavo Nurmi telah memenangkan lebih banyak medali emas Olimpiade dalam cabang atletik.

Lewis memenangkan sembilan medali emas antara tahun 1984 dan 1996, sementara Nurmi juga memenangkan sembilan medali emas kurun waktu 1920 dan 1928.

"Apa lagi yang bisa saya lakukan untuk membuktikan saya yang terbaik? Saya mencoba untuk menjadi salah satu yang terbaik, berada di antara Mohammad Ali dan Pele," tambah Bolt.

"Saya sudah membuat olahraga menjadi sesuatu yan menarik dan telah membuat orang berhasrat menyaksikan pertandingan olahraga. Saya telah menempatkan dunia olahraga pada tingkat yang berbeda."

Bolt percaya dia bisa memecahkan rekor dunianya yaitu 19.19 dan bahkan memecahkan rekor baru di Stadion Olympic Rio.

Bolt sempat gusar ketika mencapai garis finish, ia hanya mencapai lebih dari dua persepuluh detik di depan De Grasse sebagai pemenang medali perak.

Tapi kegusaran Bolt akhirnya berubah dengan suka ria dan senyum kemenangan. Merayakannya dengan ribuan penggemar dengan trade mark nya  'Lightning Bolt'.

  • facebook share

RELATED NEWS

STR Suguhkan Tantang Tersendiri

STR Suguhkan Tantang Tersendiri

RUNNING
KASKUS Kudus Half Marathon

KASKUS Kudus Half Marathon

RUNNING
PUMA Gelar Night Run

PUMA Gelar Night Run

RUNNING
Lari Untuk Pendidikan

Lari Untuk Pendidikan

RUNNING

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company