Sembilan Negara Peraih Medali Emas Pertamanya Di Olimpiade Rio

Text : Maya Soeparwoto | Media Source: bbc sport | 23 August 2016

SPORTKU.COM

Olimpiade Rio 2016 telah berakhir, tetapi sukacita dan kegembiraan terus bergema di seluruh dunia.

Lebih dari 200 negara ambil bagian dalam Olimpiade, dimana 59 dari mereka berhasil mendulang medali emas. Untuk beberapa negara pada Olimpiade Rio, kemenangan medali emas yang diperoleh menjadi istimewa karena inilah medali emas pertama.

Berikut adalah sembilan negara yang memperoleh emas pertama :

1. Fiji

Tim rugby Fiji menjadi pahlawan setelah menang secara komprehensif atas Inggris di final. Inilah medali Olimpiade pertama mereka di Olimpiade. Menyambut medali pertama mereka, sejumlah toko-toko dan bank ditutup. Seluruh warga Fiji pun hingar bingar merayakan di jalan-jalan kota.

Perdana Menteri Voreqe Bainimarama mengumumkan hari libur Nasional dan menyediakan armada bus gratis bagi mereka yang ingin mengikuti  perayaan di stadion nasional di ibukota Suva ketika tim mereka kembali.

Tim Rugby Fiji setelah memenangkan medali emas, berhasil kalahkan tim rugby Inggris di Olimpiade Rio de Janeiro, Brasil, Kamis (11/8/2016)

Rakyat Fiji merayakan dan menyambut dalam euforia kemenangan para atletnya yang berhasil meraih emas di Olimpiade Rio, Brasil 2016

2. Yordania

Tak ketinggalan adalah negara Yordania. Mereka sangat senang ketika atlet taekwondo mereka Ahmad Abughaush mengalahkan atlet Rusia Alexey Denisenko di final kelas 68kg pria dan berhasil menyabet emas.

Ahmad Abughaush raih medali emas pada cabang Taekwondo kelas 68kg putra di Olimpiade Rio, Kamis (18/8/2016)

Keluarga kerajaan Yordania dengan seksama menyaksikan prestasi bersejarah tersebut dan Raja Abdullah II menelepon langsung Abughaush yang juga seorang mahasiswa jurusan ekonomi bisnis untuk mengucapkan selamat atas kemenangannya.

Raja Abdullah juga mengirimkan pesawat pribadinya untuk perjulanan pulang Abughaush dari Rio. Ratu Yordania Rania juga mengucapkan selamat di Twitter.

Ucapan selamat dari Ratu Rania untuk Ahmad Abu Gosh atas medali emas Olimpiade Rio, Jumat (19/8/2016)

3. Bahrain

Sejarah medali emas pertama bagi negara Timur Tengah lain terjadi ketika atlet berusia 19 tahun Ruth Jebet memenangkan pada nomor 3.000 meter lari halang rintangan putri untuk Bahrain dengan rekor waktu tercepat kedua dalam sejarah.

Ruth Jebet dengan bendera Bahrain dan medali emas untuk nomor lari halang rintangan 3000 meter putri di Olimpiade Rio, Senin (15/8/2016)

Sheikh Nasser Bin Hamada al-Khalifa, putra dari raja dan kepala Komite Olimpiade Bahrain, langsung mengucapkan selamat pada Twitter. Ucapan selamat juga hadir dari keluarga kerajaan Bahrain pada media sosisal sebagai wujud ekspresi kegembiraan mereka atas medali emas pertama mereka.

4. Singapura

Joseph Schooling, perenang Singapura yang mengidolakan Michael Phelps berhasil menyabet emas pada nomor kupu-kupu sekaligus mengalahkan sang idola. Ini menjadi hadiah medali emas pertama untuk negaranya. 

Michael Phelps dan Joseph Schooling usai laga pada nomor 100 meter gaya kupu-kupu putra, Olimpiade Rio, Jumat (12/8/2016)

Schooling yang dijuluki "The Flying Fish", mengatakan kegembiraan tak terkira dengan kemenangannya dan Singapura tampaknya merasakan hal yang sama dengan banjirnya pujian untuk perenang berusia 21 tahun itu di media sosial.

Foto Schooling dengan sang idola Michael Phelps di Olimpiade Beijing 2008 menjadi viral di jejaring dunia maya.

Warga Singapura pun turun ke jalan untuk mengucapkan selamat pada bintang medali emas mereka dalam sat kembali ke negaranya.

Michael Phelps dan Joseph Schooling

5. Kosovo

Bagi negara Kosovo, Olimpiade juga menjadi sejarah bagi mereka. Adalah Majlinda Kelmindi tidak bisa menahan air mata ketika memenangkan medali emas di kelas 52kg judo putri. Tak pelak kemenangan ini menjadi kegembiraan yang mengharukan karena inilah pertama kali Kosovo berpartisipasi dalam ajang olah raga berkelas internasional.

Majlinda Kelmendi menerima medali emas di kelas judo 52 kg putri di Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, Brasil, Minggu (7/8/2016)

Kosovo mendeklarasikan kemerdekaan pada tahun 2008 dan hanya diterima sebagai anggota secara lengkap dari Komite Olimpiade Internasional pada Desember 2014.

Perdana Menteri Isa Mustafa secra pribadi menyambut atlet berusia 25 tahun itu di bandara pada saat Kelmindi kembali. Untuk merayakan kegembiraan ini Majlinda diarak di jalan-jalan ibukota Pristina dengan bus terbuka (double decker) agar bisa menyapa fansnya.

Judoka Kosovo Majlinda Kelmendi dalam acara penyambutan, Minggu (14/8/2016)

6. Vietnam

Vietnam setelah absen medali di Olimpiade London 2012, atlet menembak Hoang Xuan Vinh mengamankan medali emas di cabang menembak 10 m air pistol.

Tentara kolonel berumur 41 tahun itu berhasil menuntaskan masa penantian Vietnam selama enam dekade untuk medali emas Olimpiade dan nayris mendulang dua emas namun harus puas dengan medali perak di nomor pistol 50m.

Dia diperkirakan akan menerima hadiah negara debesar  $ 100.000 (£ 76.300) atas prestasinya. Ini berati lima puluh kali lebih dari pendapatan rata-rata Vietnam sebesar $ 2,100 (£ 1603).

Hoang Xuan Vinh Vietnam dengan medali emasnya pada kelas 10 meter air pistol di Olimpiade Rio, Sabtu (6/8/2016)

7. Tajikistan

Atlet dari cabor atletik lempar peluru, Dilshod Nazarov juga berhasil meraih medali emas pertama untuk negaranya Tajikistan sejak merdeka pada tahun 1991.

Dilshod Nazarov raih medali emas untuk cabor atletik lempar peluru pria di Olimpiade Rio, Sabtu (20/8/2016)

Menyambut kemenangannya sebuah kampanye pengumpulan tanda tangan dilakukan oleh warga Tajikistan yang meminta Presiden Emomali Rahmon untuk memberikan penghargaan tertinggi yaitu gelar "Pahlawan Tajikistan" untuk Nazarov. Gelar tersebut telah diberikan hanya kepada enam orang sejak tahun 1997 dan yang terakhir diberikan 10 tahun yang lalu.

Dilshod Nazarov saat berlaga di cabaor atletik lempar peluru pria di Olimpiade Rio, Jumat (19/8/2016)

8. Puerto Rico

Monica Puig adalah atlet kesembilan Puerto Rico yang memenangkan medali tapi yang pertama berhasil naik podium untuk medali emas untuk cabor tenis.

Kemenangan Puig ini boleh dibilang fantastis mengingat berhasil menaklukkan petenis nomor dua dunia Angelique Kerber dari Jerman. Selain itu Puig adalah pemain bukan unggulan pertama yang memenangkan kompetisi sejak olahraga ini diperkenalkan kembali ke Olimpiade pada tahun 1988.

Rasa haru Monica Puig memenangkan medali emas untuk cabang tenis putri di Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, Brasil, Sabtu (13/8/2016)

9. Pantai Gading

Olimpiade Rio juga menjadi  tonggak sejarah emas bagi Pantai Gading, dengan berhasilnya Cheick Sallah Cisse meraih emas pada cabor taekwondo -80kg putra. Cisse berhasil menumbangkan atlet taekwondo Inggris  Lutalo Muhammad.

Itu adalah medali kedua bagi negara Afrika Barat yang pernah diterima sepanjang Olimpiade, tetapi mereka kemudian mendapatkan yang ketiga ketika Ruth Gbagbi raih medali  perunggu pada kelas taekwondo -67kg putri. 

Cheick Sallah SMP Cisse raih medali emas pada cabor taekwondo 80 kg putra di Olimpiade 2016 di Rio, Jumat (19/8/2016

Kuwait

Atlet nasional Kuwait Fehaid al-Deehani berhasil menyabet emas dalam cabor menembak 'doubele trap' tetapi tidak untuk negaranya. Al Deehani yang seorang perwira tentara menang sebagai atlet independen pertama yang berhasil menyabet emas.

Fehaid Aldeehani, atlet independen Kuwait raih medali emas di Olimpiade Rio, Rabu (10/8/2016)

Al-Deehani berkompetisi di bawah bendera Olimpiade setelah Kuwait dilarang ikut oleh Komite Olimpiade Internasional.

Atlet independen Kuwait saat bersaing di Olimpiade Rio, Rabu (10/8/2016)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • facebook share
  • twitter shere

RELATED NEWS

Dari Rio Ke Karpet Merah

Dari Rio Ke Karpet Merah

OLYMPIC
DKI Jakarta Peroleh Tambahan Emas

DKI Jakarta Peroleh Tambahan Emas

OLYMPIC
Lagi Insiden Pemukulan di PON

Lagi Insiden Pemukulan di PON

OLYMPIC
Emas Jabar untuk Korban Bencana

Emas Jabar untuk Korban Bencana

OLYMPIC

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company