Tips Pilih Busi Yang Baik Dan Berkualitas

Text : Suhartono | Photo / Video : Suhartono | Editor: Andi Wahyudi | 13 September 2016

SPORTKU.COM

Salah satu peranti penting dalam sepeda motor adalah busi. Busi merupakan salah satu bagian dari sebuah sistem pengapian motor yang berfungsi untuk menghasilkan energi percikan api yang kemudian digunakan untuk membakar campuran bahan bakar dan udara di dalam silinder pada akhir langkah kompresi pada sebuah siklus mesin.

Namun bagi orang awam, terkadang sering salah paham saat membeli busi. Alih-alih ingin beli busi berkualitas, namun justru salah sasaran karena kurang paham mengenai busi yang baik. Lalu bagaimana cara memilih busi yang baik?

Agus Tan, General Manager Sales & Marketing NGK Indonesia pun memberikan tips-tips cara pemilihan busi yang baik. "Yang pertama, kalau busi tidak bisa main-main dalam artian mobil dan motor kebutuhannya beda, karena spek mesin juga berbeda. Jadi tips pertama ikuti saja rekomendasi dari pabrikan," ungkapnya.

Dalam penjelasannya, Agus Tan menghimbau agar para bikers sebisa mungkin menghindari penggunaan busi palsu. Apalagi sekarang banyak beredar busi palsu di pasaran. Meski harganya jauh lebih murah dari busi asli, tapi kata Agus Tan jika investasi mesin jauh lebih besar.

"Busi asli mempunyai ring yang susah dilepas, yang palsu gampang sekali dilepas. Yang kedua, busi asli ada lot number-nya dan lebih rapi dari busi palsu. Yang ketiga, ulir pada busi asli juga rapi, yang palsu pakai low material jadi ketika dibikin ulir tidak bisa rapi," beber Agus Tan.

Lebih lanjut, Agus Tan menambahkan jika busi alsi NGK juga memiliki bahan keramik berkualitas. "Yang kasat mata juga adalah keramiknya, keramik NGK putinya bersih tapi kalau yang palsu putihnya seperti putih keramik atau piring. Tips lain ganti busi sesuai waktunya, saran saya kalau untuk busi motor dari nikel setiap 5.000-7.500 kilometer, tipe iridium 25 ribu-30 ribu kilometer," pungkasnya.

Agus Tan, General Manager Sales & Marketing NGK Indonesiabusi, ngk, busi motor, spare part, tips

  • facebook share
  • twitter shere

RELATED NEWS

Tips Percantik Interior Mobil Kesayangan

Tips Percantik Interior Mobil Kesayangan

DID U KNOW
Perbedaan AMA Supercross dan MXGP

Perbedaan AMA Supercross dan MXGP

DID U KNOW
Tip Memilih Sepeda  untuk Triathlon

Tip Memilih Sepeda untuk Triathlon

DID U KNOW
Cara Mudah Rawat Baju Balap

Cara Mudah Rawat Baju Balap

DID U KNOW

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company