SPORTKU.COM

Di pasaran kini banyak beredar produk aftermarket baik untuk sepeda motor atau mobil. Khsusnya bagi mereka yang suka modifikasi body kit tentu akan dibingungkan dengan banyaknya varian yang tersedia. Pilihan yang kini banyak tersedia adalah body kit dengan bahan plastik dan fiber.

Baik body kit dari fiber atau plastik keduanya sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan. Meski kini banyak dari para modifikator yang lebih memilih body kit berbahan fiber. Ada alasan tersendiri bagi mereka kenapa harus menggunakan body kit fiber.

"Body kit menjadi salah satu alternatif banyak bikers dalam memodifikasi tunggangannya. Kini dipasaran banyak tersedia body kit dari fiber dan plastik. keduanya sama memiliki kekurangan dan kelebihan," ungkap M. Toni Ardi, pemilik Ton's Motor kepada SPORTKU.com.

Untuk body kit fiber memang dinilai memiliki banyak kelebihan. Diantaranya bisa direpair jika terjadi kerusakan. Selain itu produksi juga gak harus banyak sehingga biaya jadi lebih murah. Dari segi desain juga lebih mudah dibentuk dengan biaya pembuatan mould (cetakan) relatif murah dan tidak perlu mesin khusus.

"Body kit fiber gampang diubah karena cetakannya juga gampang diubah. Kalau dari segi perawatan hampir sama dengan yang bahan plastik. Daya tahan fiber maksimal tiga tahunan, tapi tergantung pemakaian dan kualitas fiber. Hanya saja body kit fiber lebih berat dari plastik, cetakan juga harus sering dicek karena bisa berubah," sambung Toni.

Sementara itu, body kit berbahan plastik merupakan kebalikan dari fiber. Di mana body kit plastik tidak bisa direpair, produksi harus banyak, harga cetakan mahal. "Namun untuk body kit plastik bobotnya lebih ringan, harga lebih murah karena dicetak dalam jumlah banyak," pungkas Toni.

Toni Ardi pemilik Ton's Motor

modifikasi, body kit, body kit plastik, body kit fiber, body motor, ton's motor

assets/ams/default/expandable-cover.png button billboard

ADVERTISEMENT

assets/ams/default/standard.png

ADVERTISEMENT

assets/ams/default/standard.png