SPORTKU.COM

SPORTKU.COM - Atlet Jamaika Usain Bolt dan Elaine Thompson, keduanya masuk nominasi gelaran IAAF World Athlete of the Year pada hari Rabu (9/10/2016) setelah meraup medali emas di Olimpiade Rio.

Atlet lari jarak jauh Ethiopia Almaz Ayana pun mendapat pengakuan atas kemenangannya yang menakjubkan  di nomor 10.000 meter di Olimpiade Rio.

Bolt, mantan lima kali peraih penghargaan, menjadi orang pertama yang memenangkan tiga kali berturut-turut 100 dan 200 meter medali emas Olimpiade di Rio de Janeiro pada bulan Agustus. Dia juga memegang rekor dunia dalam dua rekor waktu, 9,58 detik dan 19,19 detik, masing-masing. sedangkan rekan senegaranya Thompson cocok feat Bolt juga memenangkan 100m dan 200m medali emas di Rio.

Ayana, 23 tahun, memecahkan rekor untuk kemenangannya di nomor 10.000 meter dengan rekor waktu 29: 18:45 Olimpiade Rio di mana dia juga meraih medali perunggu di nomor 5.000 meter.

Bolt masuk dalam dua kategori daftar atlet pria yaitu 5.000 dan 10.000 meter, juga juara Olimpiade Mo Farah dari Inggris dan Afrika Selatan Wayde van Niekerk, juara dua kali 400m Olimpiade.

Anita Wlodarczyk dari Polandia juga masuk daftar atlet wanita setelah mempertahankan gelarnya di Olimpiade Rio.

Para finalis ditentukan oleh Dewan IAAF, Keluarga IAAF dan suara publik melalui media sosial. Para pemenang akan diumumkan di Monako bulan depan.

 

assets/ams/default/expandable-cover.png button billboard

ADVERTISEMENT

assets/ams/default/standard.png

ADVERTISEMENT

assets/ams/default/standard.png