Ironi Volkswagen Motorsport Di Usia 50 Tahun

Text : Andi Wahyudi | Photo / Video : Wrc,volkswagen Motorsport,Volkswagen Motorsport, Volkswagen Motorsport | 23 November 2016

SPORTKU.COM

Entah kapan kita akan menyaksikan kembali kedigdayaan Volkswagen di arena motorsport, khususnya di World Rally Championship (WRC). Pasalnya, tahun ini adalah tahun terakhir VW berlaga di WRC. Sebuah keputusan mengejutkan tiba-tiba saja keluar dari markas VW di Wolfburg, VW resmi mengundurkan diri dari arena WRC.

Ibarat petir di siang bolong, tanpa sebab apapun, VW yang sedang harum-harumnya di WRC harus undur diri. Bahkan, Sebastien Ogier pun kehilangan kata-kata dan tidak tahu harus berlabuh ke tim mana untuk menampung hasrat balapnya. Memang, Ogier yang juara dunia WRC 4 kali dan sukses membawa harum nama VW, pasti banyak diincar tim lain. Namun, sekali lagi, ini seperti petir di siang bolong.

Sebastien Ogier persembahkan gelar juara dunia WRC yang ke-4 kalinya

Volkswagen Motorsport, WRC, Sebastien Ogier, Volkswagen mundur dari WRC, Andreas Mikkelsen, Jari-Matti Latvala

Untungnya, Ogier serta rekan setimnya: Jari Matti Latvala dan Andreas Mikkelsen, bukan tipikal pebalap yang baper. Mereka tetap menunjukan kualitas pribadi yang mumpuni. Mereka tetap membalap dengan profesional. Bahkan, menutup musim balap 2016 ini dengan mempersembahkan double podium untuk VW. Yup, di laga pamungkas WRC di Australia, Mikkelsen berhasil raih podium pertama, disusul Ogier yang naik podium dua.

Keberhasilan Volkswagen Motorsport mengembangkan Polo R WRC menjadi kunci dari keberhasilan tim tersebut. VW Polo R WRC yang dikendarai ketiga pereli tersebut, kabarnya juga terus mengalami pengembangan, khususnya untuk menghadapi musim 2017, dimana peta persaingan akan semakin tinggi.

Toyota siap ramaikan WRC 2017 dengan Yaris WRC

World Rally Championship, WRC, Toyota, Toyota Gazoo Racing, Juho Hanninen, Tommi Makinen

Musim depan, WRC diprediksikan bakal berlangsung seru. Masuknya tim Toyota ke WRC setelah absen selama 16 tahun semakin meningkatkan tensi persaingan. Dengan Toyota Yaris WRC, pabrikan Jepang itu berharap bisa meraih kesuksesan sebagaimana pernah mereka nikmati hampir dua dekade silam.

Pun demikian dengan Hyundai Motorsport yang akan semakin "gokil" di arena WRC. Bahkan, Hyundai sudah mempersiapkan mobil terbarunya yang lebih kompetitif. Dengan berbasis Hyundai i20 WRC, pabrikan Korea ini bakal menjadi ancaman serius. Keseriusan tersebut bisa dilihat dari pencapaian hasil WRC musim ini, dimana ketiga pereli Hyundai masuk 5 besar klasemen akhir WRC 2016.  

Hyundai bidik podium WRC 2017 dengan mobil baru

paris motor show 2016, world rally championship, wrc 2016, citroen c3 wrc, toyota yaris wrc, hyundai i20 wrc, mobil reli 2017

Sementara Citroen juga tengah serius mempersiapkan diri untuk 2017. Tahun depan pabrikan Prancis ini bakal turun laga dengan mobil yang kompetitif, Citroen C3 WRC. Mobil WRC ini juga sudah dipajang di Paris Motorshow beberapa waktu lalu. Setelah era Peugeot, Citroen memang serius menggarap WRC. Saking seriusnya mengejar ambisi di WRC, Citroen sampai rela "menelantarkan" pengembangan mobil mereka di arena WTCC. Beruntung, di WTCC, Jose Maria Lopez sukses memboyong kemenangan untuk Citroen. 

CitroenC3 WRC siap turun arena di WRC 2017

paris motor show 2016, world rally championship, wrc 2016, citroen c3 wrc, toyota yaris wrc, hyundai i20 wrc, mobil reli 2017

Banyak analisa soal mundurnya VW dari WRC. Salah satunya, bisa jadi lantaran kasus memalukan yang menerpa VW terkait dengan mesin diesel mereka (dieselgate). Sebagai pabrikan besar, kasus tersebut tentu saja mencoreng nama baik VW. Alhasil, mereka harus bertanggung jawab untuk memperbaiki kesalahannya. Dan, untuk itu sudah pasti butuh dana yang sangat besar.

Sebagai gambaran, total kendaraan yang harus diperbaiki terkait dieselgate VW mencapai 11 juta unit di seluruh dunia. Sebanyak 482.000 unit berada di Amerika Serikat dan 8,5 juta unit beredar di seluruh Eropa. Dari mobil-mobil yang dibeli di Eropa, sekitar 2 juta unit berada di Jerman.

Nah, bisa jadi hal tersebut yang menstimulus VW untuk mundur dari WRC. Karena biaya untuk satu musim WRC memang sangat besar. 

Namun, lepas dari hitung-hitungan dana, torehan prestasi yang dibuat oleh Sebastien Ogier dengan meraih gelar juara dunia WRC sebanyak 4 kali (2013-2016), merupakan pencapaian yang setimpal dengan dana yang dikeluarkan. Sayang, VW harus mundur dari WRC. Sebuah ironi di usia VW Motorsport yang tahun ini genap 50 tahun. 

Volkswagen Motorsport catat kesuksesan di arena WRC 2016

Sebastien Ogier, Volkswagen Motorsport, WRC, Wales Rally GB, Ott Tanak, Dmack World Rally Team

  • facebook share

RELATED NEWS

Adu Road Race vs Motocross

Adu Road Race vs Motocross

TOPIC OF THE WEEK
Ditinggal Vinales, Suzuki Melempem?

Ditinggal Vinales, Suzuki Melempem?

TOPIC OF THE WEEK
Heboh BBM Basi Panaskan IRS

Heboh BBM Basi Panaskan IRS

TOPIC OF THE WEEK
Pesan Ducati Untuk Rossi

Pesan Ducati Untuk Rossi

TOPIC OF THE WEEK

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company