Mengharukan, Rival Chapecoense Beri Penghormatan Khusus

Text : Republika | Editor: Maya Soeparwoto | 1 December 2016

SPORTKU.COM

Saat seharusnya mereka berhadapan sebagai lawan, dua kelompok suporter tim sepak bola serempak mengangkat suara pada Kamis (1/12/2016) WIB, untuk memberikan penghormatan kepada 76 korban  kecelakaan pesawat yang membatalkan final Copa Sudamericana.

Tim asal Kolombia Atletico Nacional, yang siap untuk menjadi tuan rumah leg pertama final, menggelar upacara untuk menghormati rival mereka Chapecoense yang tak pernah hadir ke Stadion Atanasio Girardot, Medellin. Langkah para penggawa tim asal Brasil itu terhenti di sebuah bukit dekat Kota Medellin, saat pesawat sewaan yang mereka tumpangi jatuh.

Para pendukung Atletico Nacional sudah memenuhi stadion satu jam sebelum upacara dimulai. Lainnya membawa bunga dan menangis selama satu menit mengheningkan tepat pada waktu kickoff pertandingan yang tak jadi digelar.

Tentara dan polisi menghadiri penghormatan kepada tim sepak bola Chapecoense yang meninggal dalam kecelakaan pesawat, di stadion Atanasio Girardot

Polisi dan tentara saat menghentikan cipta bagi para korban

Anak-anak melepaskan balon sebagai penghormatan dan duka kepada korban tim sepak bola Chapecoense

"Kami mengharapkan pertandingan yang sangat baik. Mereka tidak sebesar Nacional, tapi mereka datang untuk memberikan semuanya. Jadi, malam ini kami penggemar Chapecoense," kata suporter Nacional, Lidia Alzate, 41, yang datang berpakaian putih bersama dua anaknya.

Hampir 4.800 km jauhnya, penggemar Chapacoense juga mengisi stadion mereka Arena Conda mereka di sudut terpencil Brasil selatan, di kota Chapeco.

Fans dari Kolombia Atletico Nacional membanjiri stadion Atanasio Girardot untuk penghormatan kepada tim Chapecoense

Dengan diterangi lampu ponsel, para pendukung memadati stadion berkapasitas 20 ribu - sepersepuluh dari penduduk kota Chapeco- dan bersorak saat pemain muda dan penggawa tim cadangan menjalani lap di sekitar lapangan.

"Ada begitu banyak emosi di stadion ini. Rasanya seperti pertandingan malam," kata Francis Fabio, 25, dengan air mata menggenang di matanya.

Dengan lukisan cat air mata seorang fans Atletico Nacional mengekspresikan dukanya

Sebuah video singkat fans Kolombia menyanyikan lahu penghormatan untuk Chapacoense muncul di layar lebar, membuat suasana Stadion Arena Conda bergemuruh. Para pendukung Chapacoense bernyanyi bersama.

"Biarkan mereka mendengarkan di seluruh benua. Kami akan selalu ingat juara Chapecoense," kata mereka bernyanyi serempak.

Atletico Nacional telah menawarkan gelar juara Copa Sudamericana untuk Chapecoense, meskipun direksi klub Brasil mengaku lebih menyukai gagasan juara bersama.

 

Bunga-bunga tanda duka cita untuk para korban

Bendera kedukaan untuk Chapecoense di luar stadion Atanasio Girardot

 

 

 

  • facebook share

RELATED NEWS

Gareth Barry Diambang Rekor Baru

Gareth Barry Diambang Rekor Baru

FOOTBALL
Cristiano Ronaldo Masih Mandul

Cristiano Ronaldo Masih Mandul

FOOTBALL
Ini Format Baru Piala AFF

Ini Format Baru Piala AFF

FOOTBALL
100 Sempurna Luiz Suarez

100 Sempurna Luiz Suarez

FOOTBALL

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company