Cal Crutchlow Kritik Keras Kualifikasi Motogp 2017

Text : Baskoro Wahyutomo | Photo / Video : Dok.Sportku.com | Editor: Andi Wahyudi | Media Source: autosport.com | 6 January 2017

Cal Crutchlow Kritik Motogp 2017

SPORTKU.COM

Regulasi untuk ajang balap motor paling populer di dunia, MotoGP selalu berubah-ubah. Bahkan untuk kualifikasi saja, MotoGP sudah merubah format kualifikasinya sejak 2013 silam dan digunakan hingga 2017 kini. Pebalap Inggris, Cal Crutchlow pun memberikan kritikan terhadap itu.

Pebalap LCR Honda yang juga merupakan pemenang MotoGP 2016 seri Ceko, Cal Crutchlow menyebut bahwa format kualifikasi MotoGP saat ini hanya membuang-buang waktu karena ia anggap sebagai sebuah pemborosan penggunaan ban bagi para pebalap MotoGP. Hal ini dilihat dirinya karena para pebalap dituntut untuk mencetak waktu tercepat bahkan dari sesi latihan bebas.

Ya, sejak 2013 memang para pebalap dituntut untuk mencatatkan waktu tercepat untuk sesi latihan bebas 1, 2 dan 3. Dalam sesi latihan bebas tersebut, para pebalap akan diseleksi catatan waktunya dimana akan diambil 10 pebalap tercepat untuk memasuki sesi kualifikasi (Q1 dan Q2).

Tak berhenti di sana, para pebalap akan kembali bersaing keras di sesi kualifikasi 1 (Q1) dan kualifikasi 2 (Q2) untuk meraih pole position.

"Pada intinya, setiap sesi adalah sesi kualifikasi. Semua pebalap hanya membuang-buang alokasi ban. Kami jadi tak peduli lolos ke Q2 atau tidak, karena hanya ingin berebut posisi ke-12. Ini sulit, kami tak bisa bekerja baik, lalu pebalap yang finish keenam tetap tertinggal 40 detik dari pemenang. Kami tak bisa kompetitif karena alokasi ban sudah habis," ujar Crutchlow.

"Kami ingin sesi FP3 menjadi satu-satunya sesi untuk menentukan siapa yang bisa masuk Q2. Tapi saya rasa hal ini mustahil terjadi, karena pertunjukan dan hak siar televisi lebih penting. Bahkan sesi FP1 saja sudah bisa dianggap sesi kualifikasi, jadi ini semua hanya buang-buang waktu," tutup Crutchlow.

Cal Crutchlow Kritik Keras Kualifikasi MotoGP 2017cal-crutchlow-6bd38e2f41

  • facebook share
  • twitter shere

RELATED NEWS

MotoGP Thailand 2018 Simpang Siur

MotoGP Thailand 2018 Simpang Siur

MOTOGP
Rossi Menangi MotoGP Assen

Rossi Menangi MotoGP Assen

MOTOGP
Ixon, Penyedia Airbag MotoGP 2018

Ixon, Penyedia Airbag MotoGP 2018

MOTOGP
Gupita Lebih Nyaman Balapan Lokal

Gupita Lebih Nyaman Balapan Lokal

INDOSPEED

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company