SPORTKU.COM

Rally Dakar 2017 telah usai. Berlangsung selama 14 hari, ajang terganas di muka bumi ini melintasi 3 negara sekaligus. Mulai dari Argentina, Bolivia hingga Paraguay. Opening Ceremony dilakukan di Asuncion, Paraguay. Lanjut di hari kedua, para peserta memulai rute dari Asuncion ke Resistencia dengan jarak sejauh 454 kilometer.

Dilanjutkan dari Resistencia ke San Miguel de Tucuman sejauh 803 kilometer. Perjalanan para peserta terus berlanjut hingga hari ke-8 dan beristirahat di La Paz, Bolivia. Dilanjutkan di hari ke-9 di mana para peserta kembali memulai start dari La Paz ke Uyuni sejauh 622 kilometer. Di hari ke-10 para peserta menyeberang dari Bolivia ke Argentina tepatnya dari Uyuni ke Salta.

Rute terpanjang Rally Dakar 2017 tersaji di Salta hingga Chilecito sejauh 977 kilometer hingga di hari terakhir tepatnya hari ke-14 para peserta finish di Buenos Aires, Argentina. Total jarak yang harus ditempuh para peserta tercatat sekitar 9.000 kilometer.

Penyelenggaraan Rally Dakar 2017 pun cetak sejarah baru. Adalah Sam Sunderland yang berhasil mencatatkan namanya di buku sejarah Rally Dakar yang sudah digelar sejak tahun 1979 silam. Di mana Sunderland menjadi pebalap pertama Inggris yang mampu menangi Rally Dakar. Sunderland menjadi pebalap Inggris pertama yang memenangkan Dakar sejak era John Deacon pada tahun 1998.

Sam Sunderland jadi pebalap pertama Inggris menangi Rally Dakarcrosser-inggris-sam-sunderland-53cf4cb95e

Sebelumnya, Rally Dakar hanya dikuasai oleh crosser dari Italia, Belgia, Jerman, dan Spanyol. Pada musim lalu, pebalap Australia Toby Price keluar sebagai yang tercepat. Namun sayang, Price yang terlibat kecelakaan di Stage 4 dan mengalami patah tulang paha kiri harus menyudahi penampilannya secara prematur.

Kemenangan Rally Dakar 2017 pun diambil alih oleh Sunderland dengan tunggangannya KTM 450 Rally. Dirinya adalah pebalap kelahiran Inggris, 15 April 1989. Nama Sunderland memang sudah diperhitungkan sejak beberapa tahun belakangan. Namanya kian bersinar saat dirinya dipinang KTM.

Sebelum debut Rally Dakar di tahun 2012, Sunderland sudah melalang buana di berbagai kompetisi offroad. Kariernya juga cemerlang di ajang UAE National Baja Championship dengan menjadi juara di tahun 2010 dan 2011. Namun keikutsertaannya di Dakar 2012 dan 2014 terpaksa pensiun lantaran mengalami masalah teknis setelah kecelakaan.

Keputusannya untuk menjalani balap Dakar menjadi hal yang tepat baginya. Balapan untuk tim pabrik Honda di tahun 2014, Dari Honda, kemudian Sunderland hijrah ke pabrikan Austria bersama KTM. Kariernya sebagai pebalap profesional semakin terasah. Bersama KTM, Sunderland tercatat memenangkan dua tahap Abu Dhabi Desert Challenge dan menempatkan dirinya di posisi kedua Marocco Rally.

Minimalisir kesalahan jadi kunci kemenangan Sam Sunderland di Rally Dakar 2017crosser-inggris-sam-sunderland-88ddfc1a44

Perjalanan manis Sunderland masih terus diukir. Hingga dirinya pada tahun 2015 berhasil menjuarai Marocco Rally. Tak hanya gelar tersebut, rider 27 tahun ini juga tercatat sebagai jawara Qatar Sealine Rally pada tahun 2016 lalu. Sementara itu, bagi KTM Sendiri ini adalah kemenangannya ke-16 kali di Rally Dakar secara beruntun.

"Ketika saya melintasi garis finish, saya merasa semua emosi saya pecah. Berat terasa di pundak saya dari perlombaan selama enam hari terakhir. Sekarang rasanya luar biasa. Saya harus mengucapkan terima kasih kepada tim, motor telah berperan besar sejak awal hingga akhir," ungkap Sunderland yang kemas waktu keseluruhan 32jam 06menit 22detik..

"Ketika Toby Price keluar dari perlombaan, itu merupakan pukulan untuk tim karena dia adalah teman baik. Karena ikatan yang kuat yang kita miliki di tim, bisa membantu kami untuk bekerja sama dan berusaha melakukan sesuatu yang istimewa. Ada banyak orang cepat yang memiliki potensi untuk memenangkan perlombaan ini, tapi saya pikir memotong kesalahan adalah kunci untuk kemenangan ini," tutup Sunderland dikutip dari laman resmi KTM.

Sam Sunderland juara Rally Dakar 2017 bersama KTMcrosser-inggris-sam-sunderland-38325b40e0

assets/ams/default/expandable-cover.png button billboard

ADVERTISEMENT

assets/ams/default/standard.png

ADVERTISEMENT

assets/ams/default/standard.png