5 Motor Konsep Terbaik Dengan Teknologi Mutakhir

Text : Suhartono | Photo / Video : BBC | Editor: Dedi Hermawan | 20 January 2017

5 Motor Konsep Terbaik

SPORTKU.COM

Perkembangan teknologi sepeda motor berjalan cepat mengikuti perubahan zaman. Seiring berjalannya waktu, para insinyur terus berinovasi mengejar masa depan yang lebih baik dan pintar. Tanpa disadari, itulah yang bisa digambarkan terkait kondisi teknologi pintar saat ini.

Para produsen sepeda motor pun sekarang mulai berlomba menghadirkan wujud asli dari hasil olahannya. Meski masih dalam wujud konsep. Akan tetapi mereka tengah berusaha untuk melengkapi kebutuhan para bikers akan teknologi canggih yang lebih praktis dan efisien.

Melihat lebih jauh ke depan, beberapa perusahaan menyajikan konsep progresif dengan merangkul teknologi mutakhir. Dan berikut lima motor konsep terbaik versi SPORTKU.com.

1. Vanguard Roadster
Vanguard Roadster merupakan motor konsep dari perusahaan asal Amerika Serikat (AS). Muncul perdana dalam ajang International Motorcycle Show di Manhattan, California belum lama ini. Vanguard menjadi perusahaan yang bertanggung jawab atas lahirnya konsep ini.

Vanguard Roadster lahir dengan berbagai keunggulan yang dibawa. Menggabungkan kombinasi warna perak dan hitam yang sesuai. Sebagian besar bagian Vanguard Roadster menggunakan alumunium. Sementara tangki bahan bakar mengandalkan serat karbon serta layar datar yang terpampang di bagian speedometer.

Meski tak dijelaskan komponennya secara detail, akan tetapi disebutkan jika Vanguard Roadster juga dibekali dengan kamera parkir belakang. Rencananya, Vanguard Roadster akan diproduksi mulai tahun 2018 mendatang. Dengan perkiraan harga USD30 ribu atau setara Rp404 juta.

"Kita menggabungkan mesin dan desain untuk membuat bahasa kita sendiri. Tanpa bergantung pada nilai warisan dan nostalgia," cetus co-Founder & Head of Design Vanguard, Edward Jacobs.

Sepeda motor konsep Vanguard Roadsterlima-motor-konsep-terbaik-f28212907a

2. Zvexx P1
Sepeda motor listrik kini juga tengah booming di kalangan bikers. Para produsen pun berlomba untuk menciptakan sepeda motor listrik yang lebih efisien. Terutama dengan mengaplikasi teknologi canggih untuk mengurangi polusi udara. Salah satu perusahaan yang punya konsep sepeda motor listrik adalah Zvexx asal Swiss.

Masih dalam sebatas konsep yang dinamai Zvexx P1, sudah nongol bentuk prototipenya. Zvexx P1 memiliki bodywork aerodinamis. Perusahaan mengklaim jika Zvexx P1 akan dibuat lebih enteng dari kompetitor. Terbuat dari bahan ringan seperti serat karbon.

"Dengan motor ini, kami menunjukkan bahwa sepeda motor listrik dapat terlihat lebih garang dan berperilaku seperti binatang. Ini bukan sebuah proyek yang aneh, tapi perpaduan baku antara biker dan gaya dengan sepeda motor listrik yang tak terkendali," cetus desainer Zvexx P1 yang tak disebutkan namanya.

Sepeda motor konsep Zvexx P1lima-motor-konsep-terbaik-ee43c145cc

3. Husqvarna Vitpilen 401
Pabrikan sepeda motor Austria, Husqvarna terus melakukan gebrakan baru. Husqvarna kembali memamerkan varian terbarunya Vitpilen 401 di EICMA 2016 lalu. Vitpilen 401 tercipta dengan menggunakan frame dan mesin dari KTM Duke dan RC 390.

Bukan hanya sekadar konsep, bahkan Husqvarna juga telah melakukan uji coba Vitpilen 401 di jalanan. Situs resmi Husqvarna juga telah menginformasikan jika Vitpilen 401 akan mulai dijual pada tahun 2017 ini. Masuk jalur produksi sekitar bulan Januari.

1953 Husqvarna Silverpilen menjadi ide lahirnya Vitpilen 401. Dengan bobot hanya 135kg, Vitpilen 401 diklaim bisa menghasilkan tenaga hingga 43 hp. Sementara itu, nama Vitpilen sendiri diterjemahkan dari bahasa Swedia sebagai 'panah putih'. Meski telah dikonfirmasikan akan mulai dijual tahun 2017, namun hingga kini Husqvarna juga belum merilis spesifikasi maupun harga resminya.

Sepeda motor konsep Husqvarna Vitpilen 401
lima-motor-konsep-terbaik-deb5718554

4. Mach Ness
Produsen sepeda motor Arlen Ness membuat konsep sepeda motor raksasa. Dibilang raksasa karena memang memiliki bentuk yang besar. Sebagian besar sepeda motor konsep yang diberi nama Mach Ness terbuat dari logam dengan mesin helikopter berupa gas-turbine.

Untuk body luar mengandalkan alumunium. Praktis, tak akan ditemui serat karbon maupun plastik pada Mach Ness. Dalam menciptakan model ini, Arlen Ness mengandalkan kecanggihan tangan alias custom. Tidak menggunakan alat canggih. Tapi sayang, Mach Ness tidak akan diproduksi massal.

Mach Ness tidak untuk produksi massallima-motor-konsep-terbaik-426a26749e

5. BMW Motorrad Vision Next 100
Salah satu sepeda motor konsep yang paling banyak dibicarakan saat ini adalah BMW Motorrad Vision Next 100. Model dari pabrikan Jerman ini hadir dengan menggunakan teknologi self-balancing untuk mencegah crash dan memungkinkan pengendara untuk turun tanpa menggunakan kickstand.

Bentuk radikal BMW Motorrad Vision Next 100 dengan frame segitiga yang diilhami dari sepeda motor pertama BMW. Motor yang bisa berjalan dengan keseimbangan otomatis ini pun dijamin akan mampu memberikan keamanan lebih bagi pemiliknya. Tak hanya itu, si pengendara juga tak perlu repot memakai helm. Karena peranti helm bisa diganti dengan visor canggih yang menyediakan data tentang perjalanan.

Kenikmatan lain yang bisa diperoleh dengan BMW Motorrad Vision Next 100 adalah pengendara tak harus selalu memegang setang kemudi saat bermaunver. Namun hingga kini belum bisa ditebak kapan BMW Motorrad Vision Next 100 bisa diimplementasikan dalam skenario kehidupan nyata.

Sepeda motor konsep BMW Motorrad Vision Next 100
lima-motor-konsep-terbaik-ef568cb7bf

  • facebook share

RELATED NEWS

5 Panggilan Sayang Mobil Balap

5 Panggilan Sayang Mobil Balap

TOP 5
5 Pebalap MotoGP Hobi Sepakbola

5 Pebalap MotoGP Hobi Sepakbola

TOP 5
Tukar Guling Bayern-Dortmund

Tukar Guling Bayern-Dortmund

TOP 5
Lima Pemilik Nomor 7 MU

Lima Pemilik Nomor 7 MU

TOP 5

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company