Sensasi Chevrolet Trax Taklukkan Jalur Jakarta-lampung

Text : M. Aditia Prapanca | Photo / Video : Greg Bima,Sonny Hastara | Editor: Andi Wahyudi | 1 September 2016

SPORTKU.COM

Chevrolet Trax merupakan mobil crossover perkotaan (urban crossover) berpenggerak roda depan. Trax dipersenjatai dengan mesin1.364 cc 4 silinder Turbocharger. Tenaganya mampu menghasilkan 140 hp diputaran 4.900 – 6.000 rpm, sedangkan torsinya 200 Nm di 1.850 – 4.900 rpm.

Kali ini, kami membawa Chevrolet Trax ke Kota Lampung, dengan menyelusuri jalur lintas Sumatera dan mengunjungi indahnya pesisir pantai Kalianda, Lampung Selatan. Chevrolet Trax ini juga yang mengantarkan kami ke perhelatan Kejuaraan Nasional Indonesia Night City Slalom putaran ke-4, di Kota Lampung, beberapa waktu silam.

Varian Chevrolet Trax yang kami test drive adalah 1.4 LTZ AT, yang merupakan varian tertinggi dari mobil ini. Mobil ini memiliki garis tegas dibagian gril yang menjadi ciri khas produk Chevrolet. Ia juga memiliki ground clearance cukup tinggi sekitar 181mm, yang ideal menjelajah jalanan luar kota.

Selepas keluar dari Pelabuhan Bakauheni, Trax langsung kami bejek di jalur lintas Sumatera, untuk mencoba performa mobil urban crossover ini. Benar saja, seperti dugaan awal kami, mobil Amerika ini memiliki performa yang mumpuni dikelasnya. Jalur lintas Sumatera yang didominasi jalan lurus beraspal mulus, mampu menguji kekuatan Chevrolet Trax. Terbukti, walaupun kecepatan Trax sudah mencapai 100kpj lebih, tetapi jarum indikator RPM masih tenang diangka 2.000.

Chevrolet Trax 1.4 LTZ AT

test-drive-chevrolet-trax-a1bf1be923

Saat berada pada putaran rendah, tenaga mobil ini cukup kuat. Ini berkat mesin Ecotec Turbocharge yang menghasilkan torsi hebat diangka 200 Nm. Meski dengan torsi sebesar itu, Trax diklaim memiliki konsumsi BBM yang ekonomis dikelasnya.

Dengan modal mesin seperti itu, aksi overtake begitu mudah dilakukan. Menariknya lagi, Chevrolet Trax memiliki handling yang baik dengan setir yang akurat. Serta didukung dengan suspensi yang mampu meredam guncangan dengan baik.

Sayangnya, Trax tidak dilengkapi paddle shift yang ada di setir sebagaimana lazimnya. Tombol tersebut ditempatkan di tuas perseneling yang menurut kami agak mengganggu keasyikan berkendara. Meski begitu, nuansa interior Trax yang terlihat modern, mampu menjadi hiburan yang menyenangkan. apalagi pada lingkar kemudi terdapat fitur-fitur yang memanjakan pengemudi saat mengontrol audio serta hadirnya fitur cruise control yang menjadi nilai lebih Chevrolet Trax ini.

Perjalanan panjang menuju Lampung, memberikan impresi yang positif mengenai crossover rakitan Chevrolet ini. Dari pantauan MID di panel instrumen tercatat jarak Jakarta – Lampung mencapai sekitar 240 kilometer. Menariknya, konsumsi bahan bakar yang dibutuhkan Chevrolet Trax untuk menempuh jarak tersebut, tercatat 14,6 kpl. Meski bukan yang teririt, namun konsumsi ini terbilang sangat masuk akal dan cukup setimpal dengan jarak tempuh perjalanan, kondisi jalan dan gaya mengemudi kami.

Mesin Chevrolet Trax berkapasitas 1.364 cc

test-drive-chevrolet-trax-dfe10f410d

  • facebook share

RELATED NEWS

Menikmati All New Chevrolet Colorado

Menikmati All New Chevrolet Colorado

TEST DRIVE
Sensasi New Honda Jazz

Sensasi New Honda Jazz

TEST DRIVE
Highlights New Honda CR-V

Highlights New Honda CR-V

TEST DRIVE
Aksi Lincah New Honda CR-V

Aksi Lincah New Honda CR-V

TEST DRIVE

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company