Sirkuit Jerez, Arena Adu Gengsi Motogp Vs Wsbk

Text : Baskoro Wahyutomo | Editor: Dedi Hermawan | 5 February 2017

Adu Gengsi Motogp Vs Wsbk

SPORTKU.COM

Adu gengsi antara pebalap World Superbike (WSBK) dan MotoGP sudah berlangsung sejak lama. Masing-masing mengklaim memiliki keunggulan yang tak ada, baik di WSBK maupun MotoGP sendiri. Di 2016 ini, kedua ajang tersebut mengadakan tes pramusim bersama di sirkuit Jerez, Spanyol yang rupanya menghadirkan banyak kejutan.

Tak semua tim pabrikan mengikuti tes pramusim tersebut. Namun sebagian besar dari tim WSBK mengikuti jalannya tes pramusim kedua mereka menjelang WSBK musim 2017. Ada yang unik yaitu berbaurnya para pebalap dengan sepeda motor 'produksi masal' dan prototipe. MotoGP yang terbiasa bertarung dengan sesama motor prototipe, kali ini harus menjajal melawan para motor pabrikan massal.

Tentunya akan dianggap berat sebelah bagi sebagian orang. Namun kenyataanya tak begitu. Hasil yang didapat justru hampir seimbang antara pebalap WSBK maupun MotoGP meski banyak tim unggulan MotoGP tak turun seperti Yamaha, Honda dan Ducati yang memilih absen.

Dalam 2 hari jalannya tes pramusim terlihat bahwa para pebalap WSBK dan MotoGP saling 'adu gengsi'. Seperti di hari pertama, juara dunia WSBK, Jonathan Rea nyaris menjadi yang tercepat namun ternyata hari pertama masih dikuasai oleh pebalap satelit Avintia Ducati MotoGP, Hector Barbera.

Memasuki hari kedua, persaingan pun semakin panas. Dan benar saja, juara dunia WSBK, Jonathan Rea mampu menjadi yang tercepat menggusur posisi Barbera di hari pertama. Bahkan catatan waktu Rea tersebut mampu mengalahkan catatan waktu seorang Valentino Rossi ketika ia meraih pole position di seri MotoGP Jerez musim 2016 ini.

Max Biaggi saat bersama tim Aprilia WSBKtopic-of-the-week-aa4badc1e1

Aksi Marco Melandri Jajal Motor Ducati Panigale R WSBKwsbk, dorna, world superbike, nicky hayden, jonathan rea, tom sykes, marco melandri, kawasaki, ducati , yamaha, honda, bmw, mv agusta, balap motor

Terlihat bahwa perbedaan antara para pebalap WSBK dan MotoGP memang tak terlalu jauh. Skill maupun performa yang dimiliki pun bisa dibilang hampir sama. Kebanyakan juga memang para pebalap WSBK berasal dari MotoGP dan juga sebaliknya.

Seperti Troy Bayliss dan Troy Corser yang awalnya berasal dari World Superbike namun mencoba peruntungan di ajang MotoGP. Meski tak berhasil, keduanya kembali ke WSBK dan karirnya semakin cemerlang. Lain halnya dengan para pebalap 'murni' yang berkarir di MotoGP kemudian hijrah ke WSBK.

Seperti Max Biaggi, Sylvain Guintoli dan Carlos Checa. Bisa dikatakan ketiganya tak mampu merengkuh gelar juara dunia MotoGP karena sengitnya persaingan di MotoGP. Namun ketika mereka hijrah ke WSBK, justru takdir berkata lain dengan ketiganya mampu merengkuh gelar juara dunia WSBK. Max Biaggi mampu juara dunia WSBK 2010, Checa juara dunia WSBK di 2011 dan Guintoli juara dunia WSBK 2014.

Jadi tidak salah jika setiap pebalap memilih jalur karirnya sendiri baik di WSBK maupun MotoGP. Ibarat coklat dengan berbeda kemasan dan rasanya. Memiliki kelebihan dan kekurangan, toh masih dalam bidang yang sama yaitu motorsport dan tetap tidak kehilangan passion serta menjadi tontonan menarik bagi para penonton khususnya pecinta motorsport dunia.

Jonathan Rea tercepat di hari 2 tes pramusim Jerez
topic-of-the-week-2e8ed55001

  • facebook share
  • twitter shere

RELATED NEWS

Wasit Rusak Liga Champions Eropa

Wasit Rusak Liga Champions Eropa

TOPIC OF THE WEEK
Aksi 'Tipu-tipu' Pebalap ARRC

Aksi 'Tipu-tipu' Pebalap ARRC

TOPIC OF THE WEEK
Vinales, Jagoan Baru MotoGP

Vinales, Jagoan Baru MotoGP

TOPIC OF THE WEEK
Toyota Team Indonesia Kembali Bangkit

Toyota Team Indonesia Kembali Bangkit

TOPIC OF THE WEEK

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company