Sejarah, Duo Atlet Voli Wanita Iran Hijrah Ke Bulgaria

Text : Maya Soeparwoto | 19 January 2017

Atlet Voli Wanita Iran Hijrah

SPORTKU.COM

Dua atlet voli wanita Iran voli pemain akan berlaga di luar Republik Islam dan bergabung dengan klub Bulgaria Shumen bulan ini. Langkah ini diambil setelah menempuh negosiasi bertahun-tahun dengan pemerintah Iran. Ini adalah sejarah, memecah beberapa hambatan kaum gender di Iran.

Di Iran kaum perempuan masih tidak diizinkan untuk menghadiri pertandingan bola voli putra meskipun upaya telah dilakukan sejak pemilihan Presiden Hassan Rouhani di tahun 2015 untuk melonggarkan beberapa aturan Islam yang ketat dimana membatasi aktivitas perempuan terhadap keluarga dan rumah.

Maedeh Borhani, 28, dan kapten tim Zeinab Giveh, 34, tiba di daerah timur kota Shumen, Bulgaria dipicu oleh arus masuk migran besar ke Eropa selama dua tahun terakhir. Bulgaria menjadi rute transit populer.

Shumen memiliki komunitas Muslim berusia berabad-abad dan rakyat Muslimnya memuat sekitar 12 persen dari populasi Bulgaria 7,2 juta, namun pada bulan September pemerintah melarang mengenakan cadar wajah di depan umum.

Borhani dan Giveh akan menjadi atlet pertama di liga Bulgaria yang memakai hijab tapi Borhani mengatakan apa yang pemain kenakan bukanlah hal penting yang harus dipersoalkan.

"Hijab dikenakan dengan bangga oleh wanita Iran," katanya kepada Reuters. "Hijab adalah keyakinan, itu agama dan itu tidak penting ketika kita bermain."

Borhani juga mengatakan bahwa bermigrasi ke Shumen bisa juga membuka kemungkinan bagi para atlet wanita Iran untuk pindah ke luar negeri.

"Saya pikir (transfer) adalah membuka cara baru untuk semua atlet wanita di Iran, khususnya atlet voli," katanya.

Giveh pun menyetujui: "Saya pikir ada pemain Iran lainnya yang bisa bermain di Eropa."

  • facebook share
  • twitter shere

RELATED NEWS

Final-Four Voli Proliga

Final-Four Voli Proliga

VOLLEYBALL
Final Four Voli Proliga

Final Four Voli Proliga

VOLLEYBALL
Petrokimia Gresik Tumbangkan Putri BNI

Petrokimia Gresik Tumbangkan Putri BNI

VOLLEYBALL
Voli Proliga 2017

Voli Proliga 2017

VOLLEYBALL

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company