SPORTKU.COM

Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan, ditetapkan oleh PB ISSI sebagai tuan rumah kejuaraan nasional (National Championships) MTB, disiplin downhill (DH) dan cross-country (XC) yang akan berlangsung pada Juli mendatang.

Hal itu ditetapkan setelah kunjungan ketua umum PB ISSI Raja Sapta Oktohari ke kota tersebut beberapa waktu lalu.

“Lubuklinggau cukup potensial untuk menjadi pusat pelatihan mountain bike di Indonesia, khususnya untuk region Sumatra, karena memiliki fasilitas yang baik, seperti inclinator dan jalur evakuasi yang variatif, ditambah lagi dukungan dari pemerintah setempat. Dengan ini juga kami akan menerbitkan surat penunjukkan Lubuklinggau sebagai pusat pelatihan MTB di Sumatera dan menunjuk sebagai tuan rumah National Championships yang akan berlangsung Juli,” ujar Oktohari dikutip dari situs ICF.

Tak hanya menjadi tuan rumah kejurnas MTB, PB ISSI juga akan menunjuk Lubuklinggau sebagai tuan rumah kejuaraan downhill internasional (open), yang waktunya akan ditentukan kemudian.

Lubuklinggau memiliki potensi yang besar untuk kemajuan sepeda gunung di Indonesia. Menurut Walikota Lubuklinggau Prana Putra Sohe, trek MTB di Bukit Sulap memiliki keunikan tersendiri karena terletak di tengah kota dan hanya membutuhkan waktu 10menit dari pusat kota dengan bersepeda.

Tak hanya itu, Pemkot Lubuklinggau pun telah membangun inclinator (kereta listrik) untuk membawa atlet dan sepedanya, dari kaki bukit menuju gerbang start, yang terletak di puncak bukit.

Trek DH di Lubuklinggau sendiri memiliki panjang 2,8km dengan straight line dan rock garden. Sementara trek XC memiliki panjang 4,3km. Trek Bukit Sulap memenuhi kriteria untuk kegiatan kejurnas, kejuaraan kontinental (Continenal Champhionships), maupun UCI race, kategori C2 dan C3.

Kunjungan ketua umum PB ISSI ke Lubuklinggau (Foto: ICF)

lubuklinggau-jadi-tuan-rumah-98ce6cb984.jpg

 

assets/ams/default/expandable-cover.png button billboard

ADVERTISEMENT

assets/ams/default/standard.png

ADVERTISEMENT

assets/ams/default/standard.png