SPORTKU.COM

World Amateur Golfers Championship (WAGC) dan World Amateur Golf Invitational (WAGI), salah satu seri turnamen golf amatir terbaik di dunia, akan memulai putaran kualifikasi untuk 2017 pada pertengahan Februari ini. Keterangan tersebut disampaikan Komite WAGC WAGI Indonesia dalam konferensi pers di Sentul Highlands Golf Club, Kamis (9/2).

“Putaran kualifikasi 2017 akan diawali pada 18 Februari di Riverside Golf Club,” ucap Baromeus Gosal, Captain & Country Director WAGC WAGI Indonesia. Menurut Gosal, sepanjang tahun 2017 ini putaran kualifikasi WAGC Indonesia akan diadakan dalam 40 turnamen di beberapa padang golf di wilayah Bogor, Bandung, dan Bali. Pegolf yang berhasil masuk dalam kualifikasi kemudian akan bertanding pada putaran final yang rencananya berlangsung di Oktober 2017. “Dan golfer yang juara akan dikirim ke WAGC tingkat dunia untuk mewakili Indonesia, yang tahun ini akan berlangsung di Malaysia pada bulan November,” ucap Gosal.

Agak berbeda dengan turnamen golf amatir pada umumnya, WAGC memakai sistem permainan mirip dengan turnamen golf profesional. “Yang paling terlihat adalah tee off yang dibagi per flight bukan lewat shot gun,” ucap Puguh Susiantoro, golfer yang rajin mengikuti WAGC sejak 10 tahun silam. Menurut Puguh, kompetisi di WAGC dibagi berdasarkan handicap yang dimiliki golfer, mulai dari handicap 0-5 (Flight A) hingga handicap besar 21-25 (Flight E). “Jadi, pegolf akan berkompetisi dengan pegolf lain yang setara,” ujarnya. 

Pria berusia 55 tahun itu juga memiliki kenangan istimewa di ajang WAGC 2016. “Saya mewakili Indonesia di Final WAGC tingkat dunia yang berlangsung di Durban, Afrika Selatan. Dan saya berhasil menjadi juara ketiga,” ucap Puguh yang begitu bangga bisa mengibarkan bendera Merah Putih di ajang dunia. 

Selain pemenangnya dapat mewakili Indonesia di ajang golf dunia, turnamen WAGC juga menarik dari sisi hadiah. Karena bukan turnamen pro, hadiahnya disebar dalam bentuk doorprize dan hole-in-one. Tak beda dengan turnamen reguler yang digelar banyak padang golf. Nah, di WAGC Indonesia tahun ini, yang disponsori MPM Finance, MPM Insurance dan Club Car, panitia menyiapkan hadiah antara lain puluhan unit Club Car kart juga mobil keluaran Nissan seperti Nissan X-Trail dan Teana untuk hadiah hole-in-one. Intinya, di turnamen WAGC ini suasana turnamen regular seperti yang biasa diikuti banyak pegolf masih terasa, tapi di sisi kompetisi jauh lebih menantang. 

assets/ams/default/expandable-cover.png button billboard

ADVERTISEMENT

assets/ams/default/standard.png

ADVERTISEMENT

assets/ams/default/standard.png