5 Motor Konsep Dari Produsen Mobil Terkemuka Di Dunia

Text : Suhartono | Editor: Dedi Hermawan | 9 February 2017

5 Motor Konsep Produsen Mobil

SPORTKU.COM

Kendaraan konsep menjadi salah satu alternatif yang selalu dihadirkan oleh para produsen otomotif terkemuka di dunia. Di dunia motor, bahkan tak hanya produsen roda dua yang aktif menyuarakan penemuan mutakhirnya. Akan tetapi juga produsen mobil, mereka berlomba memamerkan motor konsepnya untuk khalayak umum.

Memang tak bisa dipungkiri, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada saat ini semakin tak terbendung. Banyak teknologi baru termasuk di dunia otomotif yang mengiringi perjalanan mereka. Banyak inovasi yang dilahirkan untuk kesenangan masa depan.

Dengan teknologi mutakhir, para produsen mobil pun sepertinya ingin memberikan hal menarik untuk para bikers di seluruh dunia. Memang, hingga saat ini belum ada informasi lengkap soal kapan motor konsep itu akan diproduksi massal. Namun yang pasti, ide mereka untuk motor konsepnya perlu diapresiasi.

Dan berikut 5 motor konsep produsen mobil yang dikutip dari laman Coolmaterial.

1. Halbo Future Duo-Wheel BMW
Jika Anda sedang mencari sepeda motor dengan ukuran kecil untuk mengejar waktu maka Halbo Future Duo-Wheel BMW bisa menjadi salah satu pilihan yang layak ditunggu. Motor konsep yang dirancang oleh pabrikan Jerman, BMW ini memang khusus untuk mereka yang sibuk dengan rutinitas di jalan.

Halbo Future Duo-Wheel BMW, sesuai namanya hadir dengan dua buah ban. Di bagian depan ban didesain lebih besar seprti layaknya sepeda motor matik. Namun di bagian belakang hanya dimodali roda ukuran sangat kecil. Halbo Future Duo-Wheel BMW merupakan motor single seater.

2. Jaguar M-Cycle
Didirikan sejak September 1922 silam, pabrikan mobil asal Inggris ini menjadi salah satu pemain di segmen sport car. Meski lahir sebagai pencipta mobil sport, tapi bukan berarti ide Jaguar untuk membuat motor konsep menjadi beku. Perusahaan yang kini dimiliki oleh Tata Motors ini ternyata juga punya motor konsep yang mereka namakan Jaguar M-Cycle.

Sepeda motor konsep M-Cycle hadir dengan fitur tercanggih milik Jaguar. Meski tak disebutkan mesin apa yang disematkan pada M-Cycle, akan tetapi bisa dipastikan jika motor konsep ini akan mampu menyemburkan tenaga yang besar. Mengingat Jaguar sendiri merupakan penghasil mobil berkecepatan tinggi.

Dengan panjang 8 kaki atau sekitar 2,4meter, Jaguar M-Cycle memiliki bentuk bodi yang unik. Unik karena mempunyai tampang yang khas dengan hewan Jaguar yang juga menjadi logo perusahaan sebagai headlamp.

Meski awalnya hadir sebagai motor konsep. Tapi kini Jaguar M-Cycle sudah menjadi kenyataan. Dibuat secara custom, Jagua M-Cycle dibekali mesin Buell S3 1200cc V-twin, berpendingin udara. Dan pertama kali di berada di jalanan pada tahun 2008 silam.

3. Dodge Tomahawk Motorcycle
Pabrikan mobil Amerika Serikat (AS) Dodge sepertinya juga tak mau kalah dengan para kompetitornya. Perusahaan yang berada di bawah naungan Fiat Chrysler Automobiles N.V ini juga memiliki motor konsep yang mereka sebut dengan nama Tomahawk Motorcycle.

Motor konsep ini pertama kali nongol di ajang North American International Auto Show tahun 2003 silam. Meski hadir sebagai motor konsep, namun Tomahawk Motorcycle memiliki mesin mobil 10 silinder. Empat roda yang masing-masing dua roda saling berhimpitan di depan dan belakang.

Dibekali mesin Dodge Viper, Tomahawk Motorcycle mampu menyemburkan tenaga hingga 500 hp. Dodge mengklaim jika hasil karyanya ini bisa melaju dengan kecepatan tertinggi hingga 480-680 km/jam. Meski hingga saat ini tidak ada muatan resmi dari media tentang hasil uji coba dari Dodge Tomahawk Motorcycle.

Dilaporkan dari wikipedia, dengan harga jual USD555.000 Dodge sudah mampu menjual Tomahawk Motorcycle hingga 9 unit. Namun sayang, Tomahawk Motorcycle tidak masuk dalam jenis kendaraan yang layak pakai di jalan raya. Sehingga mungkin Dodge Tomahawk Motorcycle hanya menjadi pajangan di garasi bagi para pemiliknya.

4. Ferrari V4 Motorcycle Concept
Ferrari hingga saat ini memang lebih dikenal menjadi pabrikan mobil sport. Namun produsen yang juga bermain di ajang Formula 1 (F1) ini juga punya desain motor konsep yang tak kalah canggih dari kompetitor. Kali ini, desainer dari Amir Glinik menampilkan sepeda motor konsep Ferrari V4.

Banyak yang berharap Ferrari untuk memproduksi sepeda motor. Meski saat ini baru muncul dengan desain konsep. Ferrari V4 mengambil aspek terbaik dari proyek Ferrari vintage dan modern berdasarkan estetika dan kinerja untuk menciptakan kesempurnaan. Misalnya Ferrari V4 memiliki fitur kontrol tangan yang diadaptasi dari F-16 Fighter Jet dengan menempatkan banyak tombol canggih berdasarkan mobil balap Ferrari di lintasan F1.

5. Icare Bike Concept
Motor konsep Icare merupakan persilangan antara Tron dan dua perusahaan mobil sport terkemuka di dunia yakni Porsche serta Aston Martin. Hal tersebut menurut Enzyme Design sebagai perancangnya yang berbasis di Perancis. Namun jika melihat ke sisi mesin, kita akan menemukan mesin 6 silinder dari Honda.

Hingga saat ini belum ada keterangan resmi dari sang desainer apakah Icare Bike Concept akan benar-benar masuk dalam jalur produksi massal atau tidak.

  • facebook share

RELATED NEWS

5 Mobil Ikonik di Balapan

5 Mobil Ikonik di Balapan

TOP 5
Lima Gol Terbaik Zlatan Ibrahimovic

Lima Gol Terbaik Zlatan Ibrahimovic

TOP 5
Lima Klub Indonesia Berubah Nama

Lima Klub Indonesia Berubah Nama

TOP 5
Lima Tim yang Harusnya Lolos

Lima Tim yang Harusnya Lolos

TOP 5

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company