Federer Terkejut Mampu Capai Semifinal

Text : Maya Soeparwoto | 25 January 2017

Federer Terkejut Mampu Capai Semifinal

SPORTKU.COM

Tujuh belas kali juara Grand Slam Roger Federer mengatakan ia tidak berharap untuk mencapai semifinal Australia Terbuka setelah rehat enam bulan akibat cedera.

Empat kali juara di Melbourne ini kembali mencetak pertarungan kompetitif setelah bermain terakhir di Wimbledon pada bulan Juli.

Federer mengalahkan Mischa Zverev 6-1 7-5 6-2 sebagai langkah pertemuannya dengan Stan Wawrinka pada Kamis esok. 

"Merasa baik seperti yang saya rasakan, bermain sebaik mungkin, itu adalah kejutan besar bagi saya," kata petenis berusia 35 tahun.

Federer belum memenangkan gelar Grand Slam sejak menang di Wimbledon pada 2012, karena absen akibat cedera lutut sepanjang paruh kedua tahun lalu dan peringkat ketiga dunianya telah merosot hingga ke-17.

Ia bermain di turnamen non peringakat Piala Hopman di Perth awal Januari, telah melalui 18 set di Melbourne.

"Saya pikir menang back-to-back dalam lima set terbaik pertandingan, pemain hebat telah mengejutkan saya," katanya.

"Benar-benar tanda tanya besar, jika saya bisa melakukan itu begitu awal di era kembalinya saya.

"Saya merasa selalu ada situasi berbahaya pada hari tertentu dalam situasi pertandingan. Tapi ketika turnamen bergerak maju, mungkin akan meringankan beban saya sejalan dengan energi yang saya lakukan."

Federer memegang 18-3 rekor kemenangan melawan Wawrinka, tapi petenis berusia 31 tahun itu akan masuk ke semifinal sebagai nomor empat dunia dan berambisi meraih gelar Grand Slam kedua berturut-turut setelah sukses AS Terbuka tahun lalu.

Federer telah memenangkan dua pertemuan terakhir mereka, di ATP World Tour Finals dan di AS Terbuka pada tahun 2015, tetapi Wawrinka memegang kemenangan Grand Slam bertarung dengan timnya untuk Piala Davis dan berhasil di perempat final Prancis Terbuka pada tahun yang sama.

"Melawan Roger, itu selalu istimewa karena dia begitu baik. Dia pemain terbaik sepanjang masa," kata tiga kali juara Grand Slam.

"Dia memiliki jawaban untuk segalanya. Tapi saya berhasil mengalahkannya dalam Grand Slam, jadi kita akan lihat nanti.

"Ini bagus untuk melihat dia kembali pada levelnya. Mudah-mudahan saya bisa mengatur untuk memainkan pertandingan yang bagus."

Semua tiga gelar Grand Slam Wawrinka ini datang sejak Federer memenangi lima tahun terakhir.

Wawrinka berhasil meroket sebagai pemain 10 besar secara konsisten tidak sampai ia berusia 28, tentu saja setelah banyak bantuan dari rekan-rekannya di Swiss.

"Saya ingat memberi Stan banyak nasihat tentang bagaimana ia harus menghadapi pemain-pemain tertentu," kata Federer.

"Kemudian hari datang di mana ia tidak mengontak saya lagi.

"Saya juga merasa tak perlu menasehatinya lagi karena ia bisa mengembangkan pengetahuannya, markas, memiliki timnya. Hanya dari waktu ke waktu saya akan memberinya nasihat jika dia meminta.

"Saya merasa senang bahwa ia mampu berjalan dan pergi menyusuri jalannya."

  • facebook share
  • twitter shere

RELATED NEWS

Petenis Jepang Dihukum Seumur Hidup

Petenis Jepang Dihukum Seumur Hidup

TENNIS
Rahasia Federer Taklukan Nadal

Rahasia Federer Taklukan Nadal

TENNIS
Serena Kembali Rebut Nomor Satu

Serena Kembali Rebut Nomor Satu

TENNIS
Kehebohan Boy Band Ala Federer

Kehebohan Boy Band Ala Federer

TENNIS

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company