SPORTKU.COM

Rafa Nadal melanjutkan performa cemerlangnya di Australia Terbuka dengan menggulingkan Milos Raonic 6-4, 7-6 (7) 6-4 pada Rabu (25/1/2017) dan mencapai semifinal Grand Slam pertama dalam tiga tahun.

Petenis Spanyol unggulan kesembilan bergabung bersama Roger Federer pada putaran empat besar, menjaga harapan mimpi untuk terjadinya final antara dua saingan besar yang telah mengklaim 31 gelar Grand Slam di antara mereka.

Setelah tidak mencapai semifinal sejak Prancis Terbuka, Nadal 30 tahun berhasil menampilkan pertandingan menawan, menjatuhkan unggulan ketiga Kanada dalam dua jam dan 44 menit di Rod Laver Arena.

Nadal akan menghadapi unggulan ke-15 Grigor Dimitrov dari Bulgaria untuk tempat di final sedangakan sang rival Federer akan berhadapan dengan sesama negaranya Stanislas Wawrinka di semi final lainnya. Nadal sungguh tak mengira berhasil menempati semifinal setelah hari-hari terbaiknya yang lama hilang.

"Saya pikir saya bukan orang yang sangat arogan jadi saya selalu memiliki keraguan," ujar Nadal

"Bahkan ketika saya menang saya memiliki keraguan dan bahkan lebih lagi ketika saya cedera. Tapi keraguan membuat Anda bekerja lebih keras.

"Saya memiliki karir yang hebat tapi punya beberapa momen sulit sehingga membuat saya menikmati saat-saat seperti ini bahkan lebih," tambahnya.

Nadal harus menyelamatkan enam poin sebagaimana Raonic menekan keras pada set kedua tapi ia klinis pada poin besar dan akhirnya bisa menundukkan sang petenis Kanada.

Rod Laver Arena pun turut merestui Nadal sang juara 2009 saat mengepalkan tangannya sebagai luapan suka cita, setelah mengalami dua tahun absen di Grand Slam.

Sebelum pertandingan, Nadal mengatakan ia membutuhkan agresi atau akan "mati" melawan Raonic, dan ternyata niatnya mampu dibuktikan dengan penampilannya yang membanggakan.

Nadal memiliki tampilan pertamanya pada servis Raonic di game kelima, saat break point Nadal menuntaskan lewat tembakan yang melintas lapangan.

Nadal terus berlalu pada upaya berikutnya untuk membuka break point. Raonic, mendorong kembali untuk mengambil lob defensif yang tampaknya akan berlangsung lama, dan akhirnnya pukulan voli yang dilayangakan untuk menjatuhkan servis.

Nadal bermain lugas, meraih set dengan smash overhead yang kuat.

Raonic sempat mengambil waktu jeda untuk penanganan medis saat memimpin 3-2 pada set kedua dan muncul untuk menekan servis Nadal.

Sebuah kesalahan ganda dari Nadal adalah menawarkan dua set poin saat ia pada kedudukan di 5-4.

assets/ams/default/expandable-cover.png button billboard

ADVERTISEMENT

assets/ams/default/standard.png

ADVERTISEMENT

assets/ams/default/standard.png