SPORTKU.COM

Rafael Nadal membangun segala daya antisipasi dalam pertempuran untuk final Australia Terbuka melawan rival lamanya Roger Federer dengan sebuah epik semi final. Lima set dikemas sukses melawan Grigor Dimitrov, Jumat (28/1/2017)

Petenis Spanyol ini memenangkan 5-7 7-6 6-3 (7-5) 6-7 (4-7) 6-4 dalama perlawanan lima jam untuk mencapai final Grand Slam pertama sejak 2014.

Nadal, yang memburu gelar besar ke-15, akan menghadapi rival abadinya petenis Swiss Federer, 35, di Melbourne, Minggu (28/1/2017)

"Saya tidak pernah bermimpi untuk kembali di final Australia Terbuka," kata Nadal.

"Ini adalah hal yang sangat istimewa bagi kami berdua bisa bertemu lagi di final besar. Tak satu pun dari kita mungkin berpikir kita akan berada di sini lagi."

Dia akan bertemu Federer, yang membutuhkan lima set untuk mengalahkan rekan senegaranya Stanislas Wawrinka Kamis (26/1/2017) di semifinal pertama, Melbourne Rod Laver Arena.

Sebagaimana mereka mendapat satu hari ekstra rehat, Federer sang peraih 17 kali juara Grand Slam melewati hampir dua jam kurang di lapangan dibandingkan semifinal Nadal mengalahkan Wawrinka dalam relatif cepat tiga jam dan lima menit.

Hadapi Dimitrov, Nadal menyelamatkan tiga break point di set kelima dengan perjuangan ketat, termasuk dua di 3-4. Dengan backhand, ia mendapatkan masa rehat penting pada game berikutnya, meneruskan kedudukan 5-4. Pada backhand match point ketiga Nadal, backhand akhir Dimitrov mendarat cukup lama untuk mengakhiri reli 13-shot, dan Nadal bisa berlega.

Serta merta Nadal berlutut, melepas dengan pekik kepuasaan atas upaya besarnya selama ini.

"Tidak pernah mudah untuk untuk mengalami pertandingan seperti itu," kata Dimitrov. "Saya senang, meskipun, dengan banyak hal perjuangan. Saya akan tetap positif dan menjaga tetap optimis. Rafa layak meraih semua ini karena dia seorang pejuang dan pesaing besar. Adalah suatu kehormatan bagi saya untuk memainkan pertandingan ini. Hal ini juga menunjukkan bahwa saya pada langkah yang baik, di jalan yang benar. "

Kemenangannya melengkapi empat single finalis berusia 30 atau lebih, yaitu pertemuan Serena Williams 35 tahun Venus, 36, pada final tunggal putri pada hari Sabtu ini.

Beberapa prediksi serta pendapat sudah terlontar bahwa mereka akan bersatu kembali di duel klasik mereka, final besar pertama 2017.

Keduanya berhasil mematahkan opini dan prediksi dengan kondisi kombinasi penuaan tubuh dan masalah fisik yang seakan nihil mencapai puncak di Rod Laver Arena.

Nadal menunjukkan beberapa tanda-tanda kelelahan dalam kemenangan maraton melawan Dimitrov, sedangkan tidak pada Federer ketika ia mengalahkan rekan senegaranya Wawrinka di semifinal Kamis lalu.

Petenis legendaris Amerika John McEnroe mengatakan kemenangan Nadal atas Dimitrov adalah salah satu pertandingan terbaik yang pernah dilihatnya, sementara dua kali finalis Australia Terbuka Pat Cash menggambarkannya laga ini bak "rollercoaster".

Kini perjuangan keduanya telah dihargai dengan Grand Slam pertama mereka sejak Prancis Terbuka pada 2011.

assets/ams/default/expandable-cover.png button billboard

ADVERTISEMENT

assets/ams/default/standard.png

ADVERTISEMENT

assets/ams/default/standard.png