Federer Tumbangkan Nadal Untuk Raih Gelar Grand Slam Ke-18

Text : Maya Soeparwoto | 30 November -1

Duel Seru, Federer Tumbangkan Nadal

SPORTKU.COM

Roger Federer memenangi gelar Grand Slam ke-18 dan pertama selama lima tahun dengan kemenangan lima set yang mendebarkan atas Rafael Nadal di final Australia Terbuka, Minggu (29/1/2017).

Petenis Swiss 35 tahun ini menang 6-4 3-6 6-1 3-6 6-3 untuk mengklaim gelar kelima Australia Terbuka dan memperpanjang keunggulannya di puncak daftar pemenang utama petenis pria sepanjang masa. Nadal, 30, masih menempati di tempat kedua dengan Pete Sampras dengan gelar 14 Grand Slam dengan final pertamanya sejak 2014.

Gelar besar Federer sebelumnya hadir di Wimbledon pada 2012. "Saya sudah datang ke sini selama hampir 20 tahun sekarang," kata Federer. "Saya selalu menikmati dan sekarang keluarga saya pun juga. "Terima kasih lagi untuk semua, untuk semua orang. Saya berharap melihat Anda tahun depan. Jika tidak, ini adalah pertarungan indah di sini dan tidak ada yang lebih menyenangkan bisa menang malam ini."

Prestasinya dalam mengakhiri masa suramnya adalah sesuatu yang mengejutkan sekaligus mencengangkan, mengingat ini adalah turnamen pertamanya sejak Wimbledon Juli lalu, setelah ia absen di paruh kedua musim untuk memulihkan dari cedera lutut.

Federer menjadi orang pertama dalam sejarah yang memenangkan lima atau lebih gelar di tiga peristiwa yang berbeda Grand Slam, lima gelar Australia Terbuka, lima AS Terbuka dan tujuh Wimbledon.

Nadal yang juga kembali dari cedera musim 2016, namun petenis asal Spanyol ini tidak bisa memperbaiki rekornya dalam melawan Federer. Federer kini telah memenangkan 12 dari 35 pertandingan mereka dan tiga dari sembilan final besar.

Pertandingan yang berjalan seru dan menegangkan ditandai dengan momentum berpindah tangan berkali-kali terjadi karena kedua pemain saling berupaya keras. Di set kelima Nadal tampak akan meraih kemenanagan, tapi kemudian Roger menggali dalam-dalam dan menemukan sesuatu ekstra.

"Saya bekerja sangat keras untuk mendapatkan tempat saya hari ini," kata Nadal. "Saya berjuang keras, mungkin Roger lebih layak sedikit dari saya hari ini.

"Saya hanya akan terus berusaha. Saya merasa kembali pada tingkat yang sangat tinggi."

"Tenis adalah olahraga yang sulit," kata Federer. Jika ada yang membuat saya senang adalah malam ini dan berbagi dengan Rafa.

"Semua orang mengatakan mereka bekerja sangat keras, saya melakukan hal yang sama -... Tapi saya mencoba untuk tidak berteriak tentang hal itu saya ingin berterima kasih kepada tim saya selama enam bulan terakhir. Saya tidak berpikir akan memenangkan ini."

 

  • facebook share

RELATED NEWS

Sharapova Dapat Wildcard Amerika Terbuka

Sharapova Dapat Wildcard Amerika Terbuka

TENNIS
Saat Federer Ditumbangkan Pemain Muda

Saat Federer Ditumbangkan Pemain Muda

TENNIS
Federer Hadapi Final Piala Rogers

Federer Hadapi Final Piala Rogers

TENNIS
Federer Agresif, Incar Ranking Satu

Federer Agresif, Incar Ranking Satu

TENNIS

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company