Uci Terbitkan Regulasi Baru Tentang Konvoi Kendaraan

Text : Adi Supriyatna | Editor: Andi Wahyudi | 14 February 2017

SPORTKU.COM

Menjelang setahun kematian Antoine Demoitiè saat event Gent-Wevelgem, UCI memperketat prosedur keamanan dan aturan baru pergerakan konvoi kendaraan dalam race.

Setelah berkolaborasi dengan asosiasi tim profesional (AIGCP), asosiasi pebalap profesional (CPA) dan asosiasi penyelenggara lomba internasional (AIOCC), UCI mengeluarkan regulasi baru. Jean-Francois Pescheux, direktur teknis Tour de France selama hampir 40 tahun, juga terlibat dalam penyusunan aturan baru tersebut.

Presiden UCI Brian Cookson menyebut, panduan baru ini sebagai langkah maju yang penting dan mencerminkan upaya konkrit yang dilakukan UCI serta semua pemangku kepentingan untuk meningkatkan keselamatan pebalap di sebuah kompetisi.

Cookson menambahkan dokumen baru ini hadir setelah diperkuat tahun lalu dan sebagai bukti tekad UCI untuk memikul tanggung jawab dalam menghadapi masalah penting terkait keamanan olahraga dan para atlet balap sepeda. Regulasi tersebut ditujukan untuk mengurangi kemungkinan terjadinya kecelakaan di masa depan.

Di antara persyaratan yang tercantum, salah satunya adalah terkait dengan pengemudi kendaraan, yang harus bersifat resmi dan memiliki lisensi UCI, tidak menggunakan alkohol atau narkotika dan tidak menggunakan ponsel, meski melalui headset atau sistem speaker mobil. Layar TV juga dilarang dipasang, di depan kendaraan. Aturan baru ini juga mewajibkan setiap kendaraan harus bekerja dengan sempurna dan Radio Tour harus diaktifkan dan dipantau setiap saat.

Sementara itu untuk sepeda motor, pengendara diwajibkan untuk memiliki preferensi yang memadai untuk melakukan manuver dan sesuai dengan persyaratan dalam event sepeda. Meskipun bukan keharusan, sepeda motor yang digunakan harus memiliki ukuran mesin yang wajar untuk membatasi bobot keseluruhan dan dirancang sekompak mungkin.

Ketentuan lainnya adalah, sepeda motor tidak boleh menggunakan pannier (bagasi) samping, baik yang berbahan keras atau lunak (bahan dari kulit).

Selain regulasi tersebut, sebenarnya ada beberapa aturan lain yang juga diusulkan. Hanya saja, hal itu tidak atau belum dimasukkan dalam aturan baru ini, diantaranya adanya jalur khusus untuk sepeda motor, adanya pengawalan sepeda motor atau kendaraan yang dekat pebalap pada 10km terakhir race, larangan sepeda motor dan kendaraan yang melintasi pebalap di turunan.

Untuk diketahui, sebelumnya telah terjadi beberapa kecelakaan yang dialami sejumlah pebalap akibat sepeda motor dalam sebuah race. Selain kasus Demoitiè yang tewas setelah tertabrak sepeda motor pada 27 Maret silam di event Gent-Wevelgem, sejumlah pebalap - Peter Sagan, Jakob Fuglsang, Greg Van Avermeet, Sergio Paulinho - juga pernah terlibat kecelakaan dengan kendaraan service pada tahun 2015. Pebalap Belgia Stig Broeckx juga pernah terlibat kecelakaan dengan sepeda motor di Tour Belgia tahun lalu dan menyebabkan cedera berat.

Para pebalap berhenti di tengah jalan setelah terjadi kecelakaan akibat sepeda motor di Baloise Belg

kecelakaan-pada-race-balap-27365a08039cbf6.jpg

 

 

  • facebook share

RELATED NEWS

Jawara Kontes Video DAM

Jawara Kontes Video DAM

HOT ISSUE
Juara Wimbledon Novotna Berpulang

Juara Wimbledon Novotna Berpulang

HOT ISSUE
Indonesia Siapkan Regulasi Motor Listrik

Indonesia Siapkan Regulasi Motor Listrik

HOT ISSUE
Ducati Tertarik Ben Spies

Ducati Tertarik Ben Spies

HOT ISSUE

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company