Bersama Luis Milla, Pssi Rancang Filosofi Sepak Bola Indonesia

Text : M Rusjdi Alatas | Photo / Video : Sonny Hastara | Editor: Andi Wahyudi | 15 February 2017

SPORTKU.COM

Sepak bola Indonesia mulai berbenah. Bosan menunggu gelar juara yang tak kunjung datang,  PSSI kini tengah melakukan perombakan besar-besaran.

Tak hanya merubah skema kepengurusan, namun PSSI juga mulai serius mengedepankan pengembangan kualitas pemain di atas lapangan serta filosofi permainan.

Ya, filosofi permainan. Mungkin itu salah satu hal yang tak pernah dianggap terlalu serius oleh para pengurus PSSI sebelumnya. Akhirnya, tak sedikit dari kita yang sudah cukup puas melihat para pemain Indonesia berjuang dengan hanya bermodalkan semangat di atas lapangan.

Indonesia bukannya tak memiliki kiblat sepak bola. Sejak masih menggunakan nama Hindia Belanda, Indonesia telah berulang kali mencoba mengadopsi filosofi permainan sejumlah negara-negara yang berlabel raksasa sepak bola.

Bahkan, di era 80'an Indonesia sempat mengirimkan sejumlah pemain muda untuk menimba ilmu di sejumlah klub Italia. Selain meningkatkan kualitas pemain, tujuannya tentu agar pemain-pemain tersebut dapat menyerap filosofi permainan ala Italia sehingga dapat menularkannya kepada pemain-pemain lain di Indonesia. Namun sayang, program itu tak berkelanjutan, dan penyebaran ilmu pun tak bisa berjalan. 

Sejumlah pelatih terkenal juga coba untuk didatangkan. Harapannya, tentu agar filosofi permainan mereka bisa diserap oleh para pemain yang dipercaya bergabung bersama Tim Nasional. Sayangnya pengembangan bukan menjadi tujuan, para elit sepak bola lebih condong menggunakan para pelatih asal Eropa agar bisa memberi hasil instan di perhelatan internasional.

Tapi kini semuanya akan berubah. Permainan umpan panjang yang lebih sering tak menemui sasaran, tak akan lagi bisa anda saksikan saat Tim Nasional melenggak-lenggok di atas lapangan. Karena kini, PSSI sedang meramu sebuah skema yang akan membuat sepak bola Indonesia kembali berjaya.

Adalah Luis Milla, yang diharapkan bisa menjadi pintu bagi kejayaan Tim Nasional Indonesia. Bukan hanya sebagai pelatih Tim Garuda, namun Milla yang sukses membawa timnas usia muda Spanyol berjaya di Piala Eropa, juga diminta untuk membantu PSSI dalam merancang filosofi sepak bola Indonesia.

''Ke depan, dengan adanya Milla, saya berharap, permainan timnas bisa berubah. Jangan lagi ada permainan yang belum apa-apa langsung passing ke depan, apa-apa langsung buang, justru kelihatannya tidak berkembang. Semoga dengan adanya konsep pelatihan yang dibawakan Milla nantinya, permainan Indonesia lebih baik lagi,'' ungkap Bima Sakti, legenda hidup sepak bola Indonesia yang dipercaya sebagai asisten Luis Milla.

Milla pastinya bakal menerapkan gaya permainan khas Spanyol kepada para anak asuhnya. Umpan pendek satu-dua dan penguasaan bola, tentu akan menjadi kunci permainannya. Tapi apakah para pemain Indonesia bisa cepat beradaptasi dengan gaya permainan yang berhasil membawa Spanyol dan Barcelona menguasai jagad sepak bola? Tentu bisa.

Gaya permainan ala Spanyol sebenarnya sudah tak asing bagi Indonesia. Karena Indra Sjafri telah lebih dulu menunjukan keampuhan gaya penguasaan bola kala membawa Timnas U19 menjadi raja Asia Tenggara.

''Saya sekitar satu jam berdiskusi dengan Milla membahas metodologi sepak bola. Dan secara garis besar cara pandang kami sama. Dengan mendominasi penguasaan bola, maka peluang untuk menang juga semakin besar,'' ungkap Indra Sjafri kepada SPORTKU.

Namun menurut Indra, kunci keberhasilan dari gaya permainan ala Spanyol adalah kecerdasan. Karena itu, bukan hanya kondisi fisik dan skill individu yang menjadi penilaian Indra Sjafri dan Luis Milla dalam menyeleksi calon pemain Timnas Indonesia.

''Yang penting adalah kecerdasan. Karena hanya pemain yang cerdas yang bisa cepat mengambil keputusan kapan dia bergerak, menahan bola, atau memberikan umpan,'' tutur pelatih asal Sumatera Barat yang kini kembali dipercaya menukangi Timnas U19.

Ini jelas menjadi pencerahan bagi para pecinta sepak bola di Indonesia. Dengan keseriusan para stake holder sepak bola melakukan perubahan, tentunya kini rakyat Indonesia bisa kembali mengharapkan prestasi di kancah internasional. Hanya saja hal itu tak akan bisa tercapai, jika semua perencanaan dan skema yang telah dibuat, harus terbuang percuma hanya karena tidak sabarnya petinggi sepak bola menuai buah dari program pengembangan.

Terlebih lagi, kini PSSI sedang merancang sebuah kurikulum pengembangan sepak bola Indonesia yang bakal dijadikan sebagai panduan semua sekolah sepak bola dalam mendidik pemain-pemain muda Indonesia.

''Yang penting adalah konsistensi. Jangan ada lagi keputusan untuk menggonta-ganti pelatih, karena menerapkan filosofi permainan itu tidak mudah. Apalagi kita sekarang sedang membangun sebuah filosofi permainan yang akan menjadi dasar sepak bola Indonesia di masa depan,'' tutur Indra.

''Direktur Teknis Timnas (Danurwindo) juga sedang menyiapkan sebuah kurikulum untuk pengembangan usia muda, saya dan Milla juga diminta untuk sedikit membantu menyiapkannya. Jadi nanti semua SSB akan memiliki dasar pendidikan yang sama, sehingga pemain itu sudah dikenalkan filosofi permainan yang benar sejak masih sangat muda,'' imbuhnya.

Benar  yang dikatakan Indra. Konsistensi mutlak diperlukan untuk membangun sebuah filosofi permainan yang akan menjadi acuan. Butuh waktu untuk bisa menerapkannya dalam skala nasional. Tapi itulah resikonya. Tim-tim kelas duniapun kerap mengalami jatuh bangun, namun kemauan untuk bangkit dan bekerja keras menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan. Sepak bola Indonesia sudah puluhan tahun eksis dan miliki pemain muda bertalenta, masa sih kita harus jadi penonton terus?   

  • facebook share

RELATED NEWS

Bursa Transfer Pebalap MotoGP 2018

Bursa Transfer Pebalap MotoGP 2018

TOPIC OF THE WEEK
Sepak Terjang Esapekka Lappi

Sepak Terjang Esapekka Lappi

TOPIC OF THE WEEK
KEJURNAS SUPERMOTO MASIH CARI IMEJ

KEJURNAS SUPERMOTO MASIH CARI IMEJ

TOPIC OF THE WEEK
Menanti Pembalasan Honda Racing Indonesia

Menanti Pembalasan Honda Racing Indonesia

TOPIC OF THE WEEK

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company