Filter Udara Di Motor Balap, Perlu Atau Tidak?

Text : Suhartono | Photo / Video : Ferrox | Editor: Andi Wahyudi | 17 February 2017

SPORTKU.COM

Filter udara menjadi komponen penting untuk sepeda motor. Alat ini bertugas menyaring udara yang masuk ke dalam ruang bakar. 

Tapi bagaimana dengan motor balap, perlu atau tidak memasang filter udara? Ergus Oei, Owner Honda Oei Racing Team mencoba untuk menjawab pertanyaan ini. Menurutnya, untuk sebuah motor balap lebih baik tidak menggunakan filter udara.

"Ada alasannya kenapa motor balap sebaiknya tidak pakai filter udara. Karena jika tanpa filter udara maka power yang dihasilkan oleh motor itu akan lebih besar dan putaran atas lebih oke. Kalau pakai filter udara justru dorongan udara ke mesin menjadi lebih kecil, otomatis tekanan bensin ke mesin juga lebih kecil," ungkap Ergus.

Masuk akal, tanpa adanya filter udara, maka asupan tenaga yang masuk ke ruang bakar pun akan semakin besar. Karena motor balap pastinya membutukan putaran tenaga yang cepat dan besar. Lain halnya dengan motor yang digunakan untuk kebutuhan harian. Maka 'haram' hukumnya mencopot filter udara.

Menurut Andy Hasten selaku E-Comm Manager Primes Asia yang menjadi distributor filter udara Ferrox, sebenarnya tidak ada perbedaan antara filter udara untuk motor balap dan harian. Menurunya, pemakaian filter udara memang tergantung kebutuhannya untuk apa.

"Pengertian racing atau tidak sebenarnya lebih ke kebutuhan dan peruntukan unit kendaraan tersebut. Mau dipakai untuk balap atau memang hanya untuk harian saja. Jadi sebenarnya tidak ada istilah filter racing. Semua balik ke peruntukan unit kendaraan itu untuk apa," ungkanya.

"Ada istilah more air more power. Kalau kita nonton film balap seperti Fast & Furious, pas ada adegan buka mesin coba perhatikan kebanyakan open filter bahkan ada yang tidak pakai seperti mobil Mustang yang digunakan Vin Diesel," imbuh Andy Hasten.

Kendati demikian, perlu diketahui pula jika penggunaan filter udara juga mampu menambah asupan tenaga maupun torsi pada kendaraan bermotor. Artinya, adanya filter udara juga akan berpengaruh pada dorongan tenaga yang dihasilkan.

"Penggunaan filter udara pasti bisa tambah asupan tenaga. Buktinya hasil dyno hanya dengan ganti udara saja tenaga dan torsi mesin bisa naik. Untuk naik lebih banyak pasti butuh setting tambahan lagi di unit kendaraan itu sendiri. Kalau filter udara Ferrox buat harian oke untuk balap juga siap," pungkas Andy Hasten.

  • facebook share
  • twitter shere

RELATED NEWS

Tip Minum Selama Bersepeda

Tip Minum Selama Bersepeda

DID U KNOW
Pentingnya Atur Suspensi Motor Balap

Pentingnya Atur Suspensi Motor Balap

DID U KNOW
Tips Percantik Interior Mobil Kesayangan

Tips Percantik Interior Mobil Kesayangan

DID U KNOW
Perbedaan AMA Supercross dan MXGP

Perbedaan AMA Supercross dan MXGP

DID U KNOW

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company