Manuver Asyik New Honda Supra Gtr 150

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Sonny Hastara,Dokumentasi DAM,Harsya Fikmazi | Editor: Andi Wahyudi | 17 February 2017

SPORTKU.COM

Reinkarnasi Honda Supra di pertengahan tahun 2016 cukup menakjubkan. Wajah yang semakin agresif, kini dipertegas dengan desain yang lebih berani.

Suguhan karakter jantan dari bebek bertenaga 150 cc ini patut diacungi jempol. Tagline 'Discover Great Feelings!' tidak hanya sekedar kata-kata hiasan, melainkan implementasi nyata dari PT Astra Honda Motor dalam merepresentasikan produk yang diluncurkan pertengahan 2016.

Secara desain memang sangat berbeda, All New Honda Supra GTR 150 ini datang dengan bentuk dan fitur baru. Sebut saja headlamp, lampu sein, lampu belakang dan bentuk sayap depan yang kini lebih tajam dan tidak terkesan bulat. Ini tentunya menandakan karakter baru untuk motor yang dibanderol seharga Rp21 Jutaan.

Ubahan pada generasi terbaru All New Honda Supra GTR 150supra-gtr-150-53290ee74889d2d.jpg

Dalam kesempatan city touring bersama PT Daya Adicipta Motora, distributor utama sepeda motor dan suku cadang Honda di Jawa Barat, tim SPORTKU mendapat kesempatan untuk merasakan kejantanan All New Supra GTR 150 ini. Jalur Ciwidey - Bandung, menjadi ajang pembuktian motor berkapasitas mesin 149,16 cc ini.

Sebelum membahas kemampuan makhluk yang satu ini, kita bahas dulu sistematika pembaruan yang diboyong PT AHM untuk All New Honda Supra GTR 150. Penampilan modern tetap bisa Anda jumpai di bagian panel instrumen. Untuk jarum RPM memang masih menggunakan analog, namun speedometer sudah menggunakan sistem digital yang di dalamnya termasuk gear position, fuel meter, total trip serta odometer.

Saat engine starter ditekan, suara mesin khas Honda Supra masih terdengar. Saat diajak bermanuver dengan jalan yang berkelok-kelok, limpahan tenaga dan torsi sebesar 13,5 Nm memang begitu terasa ketika motor diajak berakselerasi. Meskipun jalur pulang tidak memungkinkan untuk mengetes top speed, namun hentakan power yang dihasilkan terasa signifikan.

Untuk lebih meningkatkan daya topang kendaraan, penyematan ban depan berukuran 90/80 17 dan 120/70 17 di bagian belakang terbilang berhasil. Pasalnya dengan tapak ban belakang yang lebih lebar mampu memberikan grip yang lebih baik saat motor diajak bermanuver. Satu hal yang beda dari generasi sebelumnya adalah motor ini kini telah mengaplikasikan kopling dengan wet multiple with coil spring yang empuk ketika dioperasikan.

All New Honda Supra GTR 150supra-gtr-150-66925ad2364bdc5.jpeg

All New Honda GTR 150 ini dibekali mesin 4 langkah DOHC empat katup dengan sistem transmisi enam percepatan yang memiliki pola 1-N-2-3-4-5-6. Berbekal transmisi tersebut, Anda yang pecinta kecepatan pun bisa dibuai karena nafas motor ini terbilang panjang. Sektor mesin tidak begitu bergetar meskipun posisi RPM sudah tinggi. Untuk Anda yang ingin tampil lebih sporty, rasanya pengaplikasian footstep racing harus Anda sematkan. Mengingat footstep bawaannya terlalu standar dan kurang sporty.

Dengan berat badan 68kg, tim SPORTKU belum merasakan performa suspensi yang begitu memadai. Malah justru bisa dibilang karena bobot test rider kami kurang, maka suspensi lebih terasa keras. Dari segi kepraktisan memang All New Honda Supra GTR 150 ini tidak memiliki ruang penyimpanan bagasi. Baik itu di balik jok, dan di bagian dashboard.

Namun jangan khawatir, namanya motor beraroma adventure, ruang penyimpanan justru berada di bagian luar, bagi Anda yang menginginkan ruang penyimpanan, maka side pannier atau boks samping wajib Anda aplikasikan. 

  • facebook share
  • twitter shere

RELATED NEWS

Test Ride Suzuki GSX-S150

Test Ride Suzuki GSX-S150

TEST RIDE
Aksi Versys-X 250

Aksi Versys-X 250

TEST RIDE
City Touring Honda Bandung

City Touring Honda Bandung

TEST RIDE
Versys 250 Cocok Untuk Cewek

Versys 250 Cocok Untuk Cewek

TEST RIDE

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company