SPORTKU.COM

Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) menetapkan tiga kejuaraan sebagai ajang seleksi atlet-atlet renang.

Atlet yang berprestasi di tiga kejuaraan ini bakal menjadi wakil Indonesia untuk berlaga pada SEA Games 2017 di Malaysia.

"Kami akan menyertakan atlet dalam Kejuaraan di Singapura, Palembang, dan Malaysia pada Maret hingga April," kata Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PB PRSI Wisnu Wardhana selepas Rakernas 2017 PRSI di Jakarta, Sabtu (18/2).

Wisnu mengatakan, cabang renang menjadi fokus utama PRSI karena disiplin ini memperebutkan 38 medali emas dalam setiap kejuaraan multicabang olahraga.

"Setelah tiga kejuaraan itu, kami baru menentukan atlet-atlet inti yang akan berlaga dalam SEA Games pada Agustus mendatang," katanya.

PRSI akan mengirim atlet-atlet yang telah terpilih dalam seleknas itu ke pemusatan latihan di Prancis, pada Juni hingga Juli. Ia mengatakan, akan ada tiga seri latihan uji coba di Prancis, yaitu Monaco, Nice, dan Paris. Setelah itu perenang akan langsung mengikuti Kejuaraan Dunia di Budapest, Hungaria.

PRSI telah menetapkan pemusatan pelatihan nasional cabang renang di tiga lokasi di Indonesia, yaitu DKI Jakarta, Bali, dan Bandung.

"Tentu target kami adalah juara dalam setiap kompetisi internasional. Untuk itu, kami menetapkan program jangka pendek untuk empat hingga lima tahun dan program jangka panjang hingga lebih dari lima tahun," kata Ketua Umum PB PRSI Anindya Bakrie.

PRSI, lanjut Anindya, mengajak swasta dan pemerintah-pemerintah daerah di Indonesia untuk bekerja sama dalam pembibitan dan pembinaan atlet-atlet renang Tanah Air.

PB PRSI menargetkan perolehan lebih dari satu medali emas dalam SEA Games 2017. Ia mengatakan target dari Satlak Prima kepada PRSI tidak kecil.

"Kami akan punya gambaran lebih jelas terkait peluang dalam SEA Games Malaysia, pada Mei," kata dia.

assets/ams/default/expandable-cover.png button billboard

ADVERTISEMENT

assets/ams/default/standard.png

ADVERTISEMENT

assets/ams/default/standard.png