Menelisik Calon Juara Dunia Motogp 2017

Text : Suhartono | Photo / Video : MotoGP | Editor: Andi Wahyudi | 21 February 2017

SPORTKU.COM

Masih sulit menebak siapa yang bakal menjadi juara dunia MotoGP 2017. Banya hal baru yang menambah semarak kompetisi musim ini.

MotoGP 2017 akan banyak dihiasi hal baru. Mulai dari perpindahan pebalap dari satu tim ke tim lain hingga masuknya produsen baru maupun sirkuit anyar yang akan digunakan oleh para pebalap. Maka masih sulit untuk menentukan siapa lawan terkuat yang bisa menjadi kandidat juara dunia MotoGP 2017.

Sebanyak 22 pebalap akan berebut gelar juara dunia MotoGP 2017. Namun bukan menjadi hal mudah bagi mereka untuk bisa mencapai mahkota tertinggi tersebut. Banyak hal yang membuat mereka tak bisa semudah membalikan telapak tangan agar bisa terus berada di posisi terbaiknya.

Musim ini juga akan menjadi babak baru bagai beberapa pebalap ternama. Seperti halnya Jorge Lorenzo yang hijrah dari Yamaha ke Ducati. Menggeber motor baru Desmosedici GP17 butuh adaptasi cukup panjang. Selain beda karekter mesin, riding style Lorenzo juga harus tepat dengan settingan mesin Ducati.

Pada sesi tes pramusim MotoGP 2017 di Sirkuit Phillip Island, Australia, Lorenzo tampaknya memang masih menemui kesulitan. Pada hari terakhir tes pramusim lalu, pebalap Spanyol ini mash tercecer di barisan belakang. Kemas waktu 1menit 29.342detik dan berada di urutan ke-8.

Bukan hanya Lorenzo yang masih membutuhkan waktu untuk adaptasi dengan motor barunya. Namun juga dua pebalap Suzuki. Andrea Iannone yang sebelumnya akrab dengan Ducati kini juga harus bereksperimen dengan mesin balap GSX-RR. Tim Suzuki juga mendatangkan pebalap baru Alex Rins yang musim lalu masih membalap di Moto2.

Dari kubu Yamaha, Maverick Vinales sepertinya menjadi salah satu pebalap yang diunggulkan untuk bisa bersaing di papan atas. Sebab, mantan rider Suzuki ini memang cukup cepat beradaptasi dengan Yamaha M1 yang akan menjadi tunggangan barunya di MotoGP 2017.

Vinales beberapa kali juga menyita perhatian publik. Pada tes pramusim di Sirkuit Phillip Island, pebalap Spanyol ini menjadi yang tercepat. Bahkan dirinya juga mampu menungguli rekan setimnya Valentino Rossi yang tak lain juga merupakan seniornya.

Masuknya Vinales ke kubu Yamaha sama-sama memberikan keuntungan bagi mereka. Untuk Yamaha, Vinales yang masih cukup muda sangat berpeluang untuk bisa menjadi juara dunia. Hal ini juga seperti yang diungkapkan oleh Lin Jarvis, Managing Director Yamaha. Yamaha tak menutup kemungkinan jika rider kelahiran 12 Januari 1995 itu bisa menjadi juara dunia tahun ini.

"Maverick (Vinales) menurut saya adalah penantang gelar (juara) serius tahun ini. Dia pas berada dalam situasi yang sangat baik untuk tim dan sepeda motor. Dia nyaman dan fokus. Apa yang luar biasa adalah setiap tes sejauh ini, dia sudah bisa menjadi yang tercepat," ungkap Lin Jarvis.

Jika prediksi Lin Jarvis benar, maka hal itu akan menjadi hadiah terindah bagi Vinales. Sebab, musim ini baru akan menjadi tahun ketiga dirinya membalap di MotoGP. Dua musim bersama Suzuki, Vinales menjelma menjadi salah satu pebalap unggulan. Pada musim lalu berhasil naik podium tertinggi untuk kali pertama di ajang MotoGP. Raihan tersebut dia torehkan di Sirkuit Silverstone, Inggris. Vinales mengakhiri musim 2016 dengan bertengger di posisi 4.

Namun memang tak semudah itu bagi Vinales untuk bisa juara dunia. Kubu Honda dengan Marc Marquez dan Dani Pedrosa tak akan tinggal diam. Menjadi salah satu tim yang tak melakukan ubahan formasi pebalap, Honda juga merupakan juara bertahan yang menjadi juara dunia MotoGP 2016 bersama Marquez.

Bukan hanya itu yang akan menjadi tantangan Vinales dan pebalap lainnya untuk bisa bersaing di lini depan. Seperti kita ketahui, musim ini juga debutnya tim KTM. KTM sepertinya telah siap dengan formasi terbaiknya untuk berkompetisi penuh di MotoGP 2017 dengan pebalap Pol Espargaro dan Bradley Smith.

Sebelum balapan dimulai, para pebalap masih akan jalani satu kali sesi tes pramusim di Sirkuit Losail, Qatar pada tanggal 10-12 Maret. Lalu tanggal 26 Maret mereka akan memulai debut MotoGP 2017 yang juga digelar di Sirkuit Losail.

Nah, jadi siapa kira-kira calon terkuat juara MotoGP tahun ini? Kita tunggu saja aksi mereka di sirkuit.

Baca Juga
Red Bull KTM Factory Target Juara Dunia MotoGP
Andrea Iannone dan Alex Rins Tunggangia Suzuki GSX 150 (Video)

  • facebook share

RELATED NEWS

Milan Masih Mencari Jati Diri

Milan Masih Mencari Jati Diri

TOPIC OF THE WEEK
Slalom Masuk Agenda PON

Slalom Masuk Agenda PON

TOPIC OF THE WEEK
Red Flag Kontroversial Kejurnas IRS

Red Flag Kontroversial Kejurnas IRS

TOPIC OF THE WEEK
Bila Liga 1 Bubar

Bila Liga 1 Bubar

TOPIC OF THE WEEK

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company