Jonathan Rea Bidik Juara Dunia Wsbk 2017 Bersama Kawasaki

Text : Suhartono | Photo / Video : Dok. Jonathan Rea | Editor: Andi Wahyudi | 22 February 2017

SPORTKU.COM

Jonathan Rea masih menjadi andalan Kawasaki Racing Team di World Superbike (WSBK) 2017. Sebagai juara bertahan, bagaimana peluangnya musim ini?

Kawasaki Racing Team (KRT) resmi merilis skuat terbarunya untuk ajang WSBK 2017. Jonathan Rea masih akan membalap bersama pabrikan asal Jepang ini. New model Ninja ZX-10RR menjadi andalan Rea yang akan berduet dengan pebalap lawas Tom Sykes. Bersama Kawasaki, Rea tampil memuaskan dengan dua gelar juara dunia berhasil dia torehkan.

Musim lalu, pebalap dari Inggris ini mendominasi di beberapa seri. Selama 13 seri atau 26 race yang dijalaninya, Rea mampu mengemas nilai terbanyak dengan 498 poin. Rea menorehkan 23 kali podium dengan 9 kali kemenangan, 9 kali podium kedua dan 5 kali finish di urutan ketiga.

Di tahun 2015, pebalap kelahiran 2 Februari 1987 silam itu juga menjadi juara dunia. Menariknya, saat itu Rea menjadi pebalap baru di garasi Kawasaki setelah sebelumnya membalap bersama Honda. Bersama Honda di musim 2014, Rea hanya mampu menduduki peringkat tiga.

Penampilan Rea di WSBK 2015 juga menjadi kado manis Kawasaki. Pada saat itu Rea kemas 548 poin. Dengan total 23 podium, 14 kali menjadi jawara, 7 kali finish sebagai runner up, dan dua kali menempati podium ketiga. Penamplan terburuk Rea pada WSBK 2015 terjadi di Sirkuit Jerez yang hanya finis ke-4 di dua race. Sedangkan di balapan penutup di Sirkuit Losail, Qatar hanya finish ke-18 pada Race 2.

"Setelah merayakan kemenangan, saya baru saja kembali fokus pada pengujian sejak saat itu. Kami seperti menjadi produktif kembali di musim dan sekarang saya bersemangat untuk memulai tahun ini," ungkap Rea yang juga pernah mencicipi balapan di ajang MotoGP.

Sosok Rea memang cukup dikenal dalam dunia balap. Rea mulai menginjakkan kakinya di WSBK pada tahun 2008 yang saat itu hanya tampil di penutup seri di Portugal. Baru di tahun 2009 Rea membalap untuk satu musim penuh di WSBK bersama Honda. Di tahun pertamanya Rea sudah mampu mengakhiri balapan di posisi 5 klasemen.

Rea cukup lama berguru dengan tim Honda. Suka duka telah dilalui Rea selama beberapa tahun berkarier di ajang WSBK. Posisi terbaiknya dengan Honda hanya mampu bertengger di posisi 3 klasemen akhir. Sebelum akhirnya pada tahun 2014 Rea memilih hijrah ke kubu Kawasaki yang membawanya meraih sukses dengan dua gelar juara dunia.

Pada tahun 2012, Rea juga membuat debut di MotoGP saat menggantikan Casey Stoner bersama Repsol Honda. Dia finish ke-8 saat membalap di Sirkuit Misano, Italia. Dan finish ke7 di MotorLand Aragon, Spanyol.

Baca Juga
Kawasaki Rilis Tim Balap WSBK 2017
Tinggalkan MotoGP, marco Melandri Kembali ke WSBK

  • facebook share

RELATED NEWS

Klasemen Akhir Kejurnas IRS 2017

Klasemen Akhir Kejurnas IRS 2017

INDOSPEED
Corsa Panaskan Event Balap Banjarbaru

Corsa Panaskan Event Balap Banjarbaru

ROAD RACE
Highlights Kejurnas IRS 2017

Highlights Kejurnas IRS 2017

INDOSPEED
Pebalap Top Indonesia Serbu Malang

Pebalap Top Indonesia Serbu Malang

SUPERMOTO

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company