Hitung-hitungan Modifikasi Ninja 250 Di Arm Motor

Text : Suhartono | Photo / Video : Sonny Hastara | Editor: Andi Wahyudi | 24 February 2017

Bikin Ninja 250 Makin Gahar

SPORTKU.COM

Memiliki motor dengan desain dan tampilan beda menjadi idaman para bikers. Begitu juga bagi para pemilik Kawasaki Ninja 250.

Kawasaki Ninja 250 menjadi salah satu motor sport seperempat liter terlaris di Indonesia. Namun terkadang pemilik Ninja 250 merasa bosan walaupun motor sport yang mereka miliki sudah mempunyai tampilan keren dan sporty.

Untuk mengatasi kebosanan tersebut, mereka cenderung memodifikasi Ninja 250. Banyak rumah modifikasi yang khusus menjajakan part modifikasi Ninja 250. Salah satunya adalah bengkel ARM Motor yang berlokasi di bilangan Pulogadung, Jakarta Timur. Bengkel yang hadir sejak beberapa tahun silam itu saat ini memang menjadi salah satu rujukan bagi mereka yang ingin memodifikasi Ninja 250.

Pak Dhe Tukijan, pemilik ARM Motor menyebutkan jika ingin tampil beda, para pemilik Ninja 250 wajib mengantongi uang sekitar Rp35 juta. "Biaya tersebut kalau mau langsung jadi sesuai keiginan. Tapi kebanyakan yang datang ke sini modifnya dicicil, dikit demi sedikit. Jadi beli partnya mereka eceran," ungkap Pak Dhe.

Buget Rp35 juta tersebut terinci untuk banyak sektor. Mulai kaki-kaki, bodi dan aksesoris lainnya. Untuk bagian kaki-kaki, ARM Motor menyediakan velg Delkevic dengan harga Rp5,5 juta. Untuk versi iritnya, ada pula velg V-Rossi yang bisa ditebus Rp2,5 juta. Dengan ukuran velg 5,5 inci (belakang) dan 3,5 inci (depan).

Biasanya, kebanyakan para bikers kurang puas jika hanya ganti velg lebar. Jika sudah ganti velg lebar, maka otomatis ban pun harus menyesuaikan ukuran. Di sini ada ban Michelin, paling murah Rp3,1 juta ukuran 120/60 - 160/55. Paling mahal Battlax dari Bridgestone dengan harga Rp3,4 juta tersedia ukuran 120/60 - 190/55.

"Biasanya kalau sudah ganti velg dan ban, mereka juga modifikasi bagian arm. Untuk arm Delkevic kita jual Rp3,5 jt dan tutupnya 400 ribu bahan fiber. Biasanya juga ganti adaptor, di sini Rp400 ribu. Untuk mendongkrak tampilan, seat gear SSS seharga Rp1,2 juta. Kalau mau gear Sinnob sedikit mahal Rp1,4 juta," imbuh Pak Dhe.

Ubah tampilan kaki-kaki sepertinya masih ada yang kurang kalau belum melirik bagian knalpot. Sisi gas buang juga perlu mendapat perhatian. Ada satu merek knalpot di ARM Motor yang cukup diminati, yaitu knalpot LeoVince. Untuk silincernya saja dijual Rp1,1 juta. Versi termalah ada pilihan knalpot GP (full system) yang dibanderol Rp1,8 juta.

Selesai di bagian bawah, bodi atau fairing juga menjadi salah satu pusat perhatian. "Bodi bisa saja diberi airbrush. Kalau di ARM Motor ada motif racing Rp8,5 juta komplit satu set. Kalau motif non racing dengan motif gambar antara Rp10-12 juta tergantung tingkat kesulitan," papar Pak Dhe.

"Modifikasi terakhir terletak di bagian stang. Banyak yang ganti stang jepit seharga Rp2,8 juta. Itu versi komplitnya terdiri dari segitiga, tutup sok, tutup baut stang dan tutup master rem," pungkas Pak Dhe.

Tinggal aksesorisnya saja yang masih perlu mendapat sentuhan. Pada bagian ini, ada windshield seharga Rp150 ribu dengan warna bening dan hitam. Sedangkan windshiled warna pelangi dijual Rp350 ribu.

Baca Juga
Modifikasi Ninja 250 dengan Balutan Airbrush (Galeri Foto)
Modifikasi Yamaha NMax Dibikin Melar

  • facebook share

RELATED NEWS

Builder Indonesia Sabet Penghargaan Dunia

Builder Indonesia Sabet Penghargaan Dunia

MODIFICATION
Ke Jepang, Kustomfest Gandeng Bekraf

Ke Jepang, Kustomfest Gandeng Bekraf

MODIFICATION
Indonesia Authorized Trimmer Summit 2017

Indonesia Authorized Trimmer Summit 2017

MODIFICATION
Customaxi Yamaha, Kontes Modifikasi Online

Customaxi Yamaha, Kontes Modifikasi Online

MODIFICATION

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company