SPORTKU.COM

Resmi berseragam Mercedes di 2017, banyak pihak yang meragukan kemampuan Bottas. Mampukah Bottas mendulang kesuksesan?

Musim balap Formula 1 selalu ramai dengan bursa transfer antar pebalap, terlebih untuk musim 2017, nama Valtteri Bottas begitu riuh dibicarakan penggemar Olahraga Jet Darat ini. Apalagi kalau bukan karirnya bersama Tim Silver Arrow?

Setelah menempati posisi Nico Rosberg di kursi Mercedes, mantan rekan satu tim Felipe Massa di Williams Racing, Valtteri Bottas dipandang sebelah mata oleh sebagain pengamat Formula 1 untuk meraih kesuksesan.

Anggapan pesimis pun juga dilontarkan oleh Nico Rosberg, menurutnya yang patut menggantikan dirinya adalah Fernando Alonso, bukan seorang Valtteri Bottas. Namun demikian, Toto Wolff selaku pemegang kekuasaan Tim Mercedes F1 tidak ambil pusing.

Meskipun kontrak bersama Bottas terkesan pilihan terakhir, saat itu hanya tersisa Valtteri Bottas dan Pascal Wehrlein yang belum dikontrak tim manapun, namun Wolff menegaskan bahwa Bottas adalah pebalap yang cocok untuk diduetkan dengan Lewis Hamilton. Setelah menimbang dan berpikir matang, Wolff akhirnya mengontrak pebalap dengan nomor 77 ini selama satu tahun penuh untuk 2017.

Usai bergabung, peta persaingan pun semakin sengit. Bukan hanya di kubu Mercedes, melainkan juga perseteruan dengan tim lain seperti Red Bull Racing yang kian optimis di 2017. Namun jangan lupakan Ferrari, meski musim lalu mengalami hasil buruk, namun Skuad Maranello optimis bisa mengembalikan kesuksesan di tahun ini.

Menakar kemampuan Valtteri Bottas, sudah sepatutnya kita melihat rekam jejak pebalap kelahiran Finlandia ini. Mungkin bukan hanya Bottas, di awal bergabung dengan Mercedes, Nico Rosberg pun tidak langsung mencetak kemenangan sempurna, justru kesuksesan Robserg berada setelah beberapa tahun bersama Toto Wolff.

Hasil yang ditorehkan Bottas sepanjang musim 2016 pun tidak begitu buruk. Ia mampu memberikan kemenangan bagi Williams dalam persaingan sengit di papan kejuaraan. Memang untuk tahun ini Williams kalah agresif dibandingkan Force India.

Berlabuhnya Valtteri Bottas ke Mercedes, Anda tidak bisa langsung mengharapkan dirinya langsung tampil sempurna. Mengingat mesin yang kini digunakan mengalami sedikit revisi serta regulasi baru Formula 1 yang mengharuskan bentuk mobil berubah sedikit, akan menjadi tantangan bagi Bottas dalam unjuk gigi.

Bottas pun harus kembali menyesuaikan gaya balapnya dengan Mercedes W08 ini. Hal ini tentu sangat penting bagi Bottas, mengingat komparasi mobil Williams dan Mercedes berbeda jauh mulai dari settingan mesin hingga settingan aerodinamika.

Lantas bagaimana dengan kans yang dimiliki Bottas untuk meraih keberhasilan di Mercedes tahun ini? Kendati Mercedes merupakan tim yang kuat, namun harapan untuk menjadi Juara Dunia 2017 sepertinya masih belum bisa diharapkan, pasalnya rival mereka seperti Sebastian Vettel, Daniel Ricciardo, dan Max Verstappen akan mempertaruhkan skill mereka untuk meraih titel tertinggi tersebut.

Selain itu, dalam sesi tes pramusim yang digelar di Catalunya, Spanyol (27/2), Bottas masih belum menunjukan taringnya. Ya meskipun sempat melampaui Vettel dalam torehan waktu, namun pebalap nomor satu Scuderia Ferrari mampu membalikan keadaan.

Poin lainnya yang menjadi titik penting bagi Valtteri Bottas adalah tekanan yang dihadapinya. Bila di Williams Racing penampilannya tidak sempurna mungkin masih dalam tingkat kewajaran mengingat tim tersebut merupakam tim papan tengah, namun jika di Mercedes yang notabene tim kuat dengan predikat Juara Dunia 3 kali berturut-turut, penampilan buruk tentunya akan menjadi penilaian yang jelek.

Valtteri Bottas gantikan Rosberg di kursi Mercedesmercedes-amg-f1-2017-262027c910c3b82.jpg

 

assets/ams/default/expandable-cover.png button billboard

ADVERTISEMENT

assets/ams/default/standard.png

ADVERTISEMENT

assets/ams/default/standard.png