Mxgp Jadi Arena Promo Wisata Indonesia

Text : Suhartono | Photo / Video : Motocross.transworld | Editor: Andi Wahyudi | 2 March 2017

Mxgp Indonesia Membuka Mata Dunia

SPORTKU.COM

Kejuaraan dunia motocross atau Motocross World Championship (MXGP) 2017 akan mampir ke Indonesia tepatnya di Pangkal Pinang akhir pekan ini.

MXGP Indonesia 2017 menjadi salah satu kejuaraan dunia yang akan menyambangi Indonesia. Digelar di Area Sport Center GOR Sahabudin Pangkal Pinang, Bangke Belitung, event tersebut menjadi upaya pemerintah untuk membuka mata dunia. Tak ayal ajang bergengsi garuk tanah ini menjadi agenda akbar bagi pemerintah.

Kementrian Pemuda dan Olahraga berserta Kementrian Pariwisata terus melakukan koordinasi bersama para pihak terkait termasuk Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan Lightning Production sebagai EO lokal yang tunjuk langsung oleh Youthstream untuk mensukseskan helatan ini.

Menteri Pariwisata Arief Yahya melalui event MXGP Indonesia 2017 berupaya mendongkrak jumlah wisatawan mancangera untuk menyambangi Bangka Belitung. Sebab pemerintah sendiri menjadikan wilayah Bangka Belitung menjadi salah satu lokasi tujuan travel bucket list.

Kejuaraan MXGP dikategorikan sebagai wisata olahraga (sport tourism) sekaligus mendukung program Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia yang tahun ini menargetkan 15 juta kedatangan wisatawan mancanegara (wisman) dan 265 juta pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) di Tanah Air.

Tak terkecuali, Menpar Arief Yahya juga mengatakan jika gelaran MXGP menjadi salah satu upaya untuk mempromosikan potensi pariwisata dan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Bangka Belitung yang memiliki banyak destinasi wisata kelas dunia.

"Event sport tourism memberikan dampak langsung atau direct impact pada ekonomi masyarakat serta mempunyai nilai pemberitaan yang tinggi sehingga menjadi sarana promosi yang efektif," kata Menpar Arief Yahya.

Menpar Arief Yahya juga mengatakan lebih dari 27 negara dipastikan akan mengikuti ajang MXGP Indonesia 2017 di Pangkal Pinang. "MXGP merupakan showcase sempurna karena ditonton lebih dari 1,42 miliar pemirsa televisi (TV). Kita gunakan momentum ini sebagai ajang untuk membranding Wonderful Indonesia ke mancanegara," imbuh Arief Yahya.

Berbagai upaya juga dilakukan oleh Menpar untuk bisa membranding Wonderful Indonesia. Salah satu upayanya adalah dengan mendatangkan tiga freestyler dunia, yaitu Alastair Sayer, Alex Martin, dan Wiliam Van Den Putte. Ketiganya akan mempertontonkan aksinya di hadapan publik.

Sementara itu, Gubernur Bangka Belitung Rustam Effendi menjelaskan tentang pemilihan lokasi MXGP Indonesia 2017 yang diselenggarakan di Pangkal Pinang. Menurutnya, Pangkal Pinang memiliki tekstur tanah berpasir yang memiliki karakter cocok untuk sirkuit motocross.

Selain itu, pria kelahiran Tanjungpandan, Kepulauan Bangka Belitung, 31 Desember 1956 silam itu menjelaskan jika lokasi tersebut merupakan satu-satunya venue yang langsung berseberangan dengan pantai yang dipenuhi resort dan hotel. "Kita akan manfaatkan MXGP Indonesia untuk mempromosikan Wonderful Pangkal Pinang," ucapnya.

Sebagai tuan rumah, Kemenpora pun turut meriahkan MXGP dengan mengirimkan 10 pebalap sebagai local hero. Berseragam tim Merah Putih, ke-10 crosser Tanah Air akan berjuang di Kelas MX2. Selain itu, tampil pula 5 crosser sebagai wildcard.

Baca Juga
Crosser Australia Kecewa Gak Bisa Tampil Di Mxgp Indonesia 2017
Tiga Freestyler Dunia Meriahkan gelaran MXGP Indonesia 2017

  • facebook share

RELATED NEWS

Sudarmono Samai Kisah Dovizioso

Sudarmono Samai Kisah Dovizioso

TOPIC OF THE WEEK
Di Balik Penampilan Cemerlang Sampdoria

Di Balik Penampilan Cemerlang Sampdoria

TOPIC OF THE WEEK
Rahasia Kesaktian City Musim Ini

Rahasia Kesaktian City Musim Ini

TOPIC OF THE WEEK
Integritas Felipe Massa

Integritas Felipe Massa

TOPIC OF THE WEEK

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company