SPORTKU.COM

Valtteri Bottas percaya Formula 1 musim 2017 akan lebih sulit karena butuh penyesuaian terhadap perubahan mobil.

Bottas merupakan salah satu pebalap yang mengalami insiden keluar lintasan saat tes pra musim pertama di Barcelona beberapa waktu lalu. Pebalap dari tim Mercedes ini kehilangan kendali di tikungan kesembilan, akibat ban kurang mencekram serta terjadi oversteer.

“Saya rasa ban tidak cukup panas dan kehilangan grip setelah melewati tikungan. Apalagi saat itu saya menggunakan ban dengan kompon yang keras. Selain itu angin cukup kencang, saya kehilangan downnforce dan kondisi lintasan jadi lebih rumit,” jelas Vallteri Bottas.

Regulasi Formula 1 musim 2017 mengalami perubahan. Salah satunya adalah menggunakan ban lebih besar dari tahun lalu. Sebelumnya ban depan memiliki ukuran 245mm, kini menjadi 305mm. Sedangkan ban belakang tadinya 325mm, sekarang menjadi 405mm.

Perubahan lainnya yang terlihat adalah mobil Formula 1 2017 lebih panjang dengan ukuran 1.800 mm, sedangkan sebelumnya berkisar 1.650mm. Serta bobot mobil lebih berat menjadai 722kg, sebelumnya hanya 702kg.

“Beberapa perubahan ini membutuhkan adaptasi dalam pengendalian. Apalagi saya pebalap yang baru bergabung dengan tim Mercedes, butuh penyesuaian dengan mobil yang digunakan,” tambah Bottas.

Vallteri Bottas saat tes pramusim Barcelona
mercedes-amg-f1-2017-262027c910c3b82.jpg

 

Baca juga:
Haas Percaya Diri Dengan Mesin Baru Ferrari

assets/ams/default/expandable-cover.png button billboard

ADVERTISEMENT

assets/ams/default/standard.png

ADVERTISEMENT

assets/ams/default/standard.png