Barcelona Torehkan Catatan Sejarah

Text : M Rusjdi Alatas | Photo / Video : Uefa | Editor: Andi Wahyudi | 9 March 2017

SPORTKU.COM

Kalah 4-0 dari Paris Saint Germain (PSG) di leg pertama, Barcelona mampu membalas dan melangkah ke perempat final Liga Champions Eropa.

Barcelona menorehkan sejarah baru. Karena di sepanjang sejarah Liga Champions Eropa, tak ada satupun klub yang mampu membalikan keadaan setelah lebih dulu tertinggal 4-0 di leg pertama babak knock out.

Maka Barcelona pun membuat keajaiban. The Catalan kini menjadi tim pertama yang berhasil membalikan keadaan setelah menelan kekalahan 4-0 di leg pertama babak hidup mati Liga Champions Eropa.

''Saya sempat dibuat tersungkur (setelah kalah 4-0). Saya ingin berterima kasih kepada semua yang tetap yakin kepada kami bahkan setelah kalah 4-0,'' ungkap Enrique usai anak asuhnya menghempaskan PSG dengan skor telak 6-1.

''Kemenangan ini kami dedikasikan kepada mereka (yang selalu yakin pada kami), karena ini bukanlah Harlem Globetrotters (tim bola basket yang menggabungkan drama dan komedi), ini adalah sepak bola,'' tegas Enrique.

Belum berhenti sampai disitu, Barcelona juga untuk pertama kalinya berhasil menembus ke babak perempat final dalam sepuluh musim beruntun. Ini menjadi yang pertama kalinya di sepanjang sejarah klub sejak didirikan pada 29 November 1899.

''Kami mempertaruhkan segalanya, dan semua itu terbayarkan. Sangat jarang mendapatkan momen seperti ini di sepak bola, dan ini adalah kesempatan bagi kami,'' tutur Enrique.

Keberhasilan Barcelona mendepak Paris Saint Germain (PSG) dari gelaran Liga Champions Eropa, juga menjadikan mereka sebagai tim pertama yang berhasil mengalahkan tim besutan Unai Emery di babak knock out kompetisi Eropa. Sebelumnya, tidak ada satupun tim yang bisa mengalahkan Unai Emery di babak knock out kompetisi Eropa sejak tahun 2012 silam.

''Setelah kami menganalisanya, memang benar kalau kami telah menyia-nyiakan banyak kesempatan. Kami bertahan terlalu dalam, dan itu memberi Barcelona kesempatan untuk mencetak gol,'' ungkap Unai Emery usai menyaksikan anak asuhnya terdepak dari gelaran Liga Champions Eropa.

Sebenarnya, Barcelona juga telah berhasil mencetatkan rekor lainnya di Liga Champions Eropa musim ini. Kesuksesan mereka keluar sebagai juara Grup C dengan koleksi 15 poin pada kompetisi musim 2016/2017 ini, membuat Barcelona menjadi satu-satunya tim yang bisa keluar sebagai juara grup di Liga Champions Eropa sepanjang 10 musim beruntun.

  • facebook share

RELATED NEWS

Good Bye Indra Sjafri

Good Bye Indra Sjafri

FOOTBALL
Upaya City Lanjutkan Trend Positif

Upaya City Lanjutkan Trend Positif

FOOTBALL
Format Baru Piala Dunia

Format Baru Piala Dunia

FOOTBALL
Catatan Unik Peter Crouch

Catatan Unik Peter Crouch

FOOTBALL

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company