SPORTKU.COM

Sebagai pemenang Shell Eco-Marathon Asia 2016, Tim Bumi Siliwangi 4 melakukan beberapa perubahan di mobilnya untuk SEM Asia 2017.

Tim Bumi Siliwangi 4 yang merupakan pemenang SEM Asia 2016 tahun ini kembali ikut berkompetisi dalam SEM Asia 2017. Kini tim yang dinahkodai oleh Ramdhani, telah melakukan pembenahan agar mobilnya semakin kompetitif.

Ditemui dalam acara konferensi persnya di Jakarta (10/3), Ramdhani, Manager Team Bumi Siliwangi 4 mengatakan untuk 2017 pihaknya telah membenamkan perubahan di sektor ban.

"Memang dari awal itu kita sudah tahu bahwa ban ini berpengaruh besar pada penghematan bahan bakar terutama dalam hal rolling resistance. Karena jika gesekan ban makin banyak di aspal maka laju mobil akan semakin berat," jelas Ramdhani.

Berdasarkan teori gesekan ban tersebut, maka Tim Bumi Siliwangi 4 ini terus menyiasati agar gesekan ban di aspal lebih sedikit sehingga membuat laju mobil lebih baik lagi.

"Dari dulu itu kita sudah mengakalinya, mulai beli ban yang bentuknya hampir lancip jadi yang menempel ke aspal semakin sedikit, tapi masih kurang bagus juga, ternyata kelemahannya di grip yang berkurang. Akhirnya kita melakukan kerjasama dengan produsen ban FDR untuk membuatkan ban khusus yang hemat energi ini. Jadi rolling resistancenya rendah tapi grip ke aspalnya bagus," tambahnya.

Dengan penggunaan ban FDR tersebut, kini Tim Bumi Siliwangi 4 menggunakan ban slick yang memiliki bobot lebih ringan. Di samping itu, masih menurut Ramdhani, pengaplikasian ban tersebut mampu meningkatkan performa dua kali lipat dari ban sebelumnya.

Ramdhani, Manager Team Bumi Siliwangi 4shell-eco-marathon-asia-20297f3ccdd27d2.jpg

assets/ams/default/expandable-cover.png button billboard

ADVERTISEMENT

assets/ams/default/standard.png

ADVERTISEMENT

assets/ams/default/standard.png