Mobil Formula 1 2017 Alami Peningkatan Kapasitas Bahan Bakar

Text : Harsya Fikmazi | Editor: Andi Wahyudi | 13 March 2017

SPORTKU.COM

Perbedaan mobil balap Formula 1 2016 dan 2017 adalah meningkatnya penggunaan bahan bakar. Namun demikian tim balap masih merasa khawatir. Mengapa?

Tahun ini mobil Formula 1 banyak mengalami perubahan, tidak hanya desain aerodinamika melainkan ada peningkatan penggunaan bahan bakar yang disesuaikan. Jika tahun lalu mobil F1 memiliki kapasitas 100 kg bahan bakar atau setara dengan 135 liter, tahun ini meningkat menjadi 105 kg (142 kg).

Dalam kebanyakan laga, kuantitas bahan bakar maksimun diizinkan meskipun terkadang tidak digunakan oleh produsen mesin. Mereka telah menemukan cara untuk mengurangi penggunaan bahan bakar seiring perkembangan teknologi hybrid. Kendati demikian, hal tersebut kadang terbentur dengan beberapa sirkuit seperti di Melbourne, Bahrain dan Sochi. Sirkuit tersebut dikatakan sulit untuk melakukan penghematan bahan bakar.

Keempat produsen mesin terkejut dengan konsumsi bahan bakar yang kini lebih tinggi. Akibatnya beberapa engineer berharap bahwa untuk balapan pertama di 2017 mereka harus membatasi penggunaan bahan bakar. Terlebih untuk tiga sirkuit seperti Melbourne, Bahrain dan Sochi terkenal dengan sirkuit yang sulit untuk melakukan pengiritan bahan bakar.

Penyebab pembengkakan penggunaan bahan bakar ini disebabkan lantaran mobil yang kini lebih lebar sehingga meningkatkan lebih banyak downforce. Juga penggunaan ban yang lebih lebar sehingga pasokan bahan bakarnya juga mengalami perubahan. 

Baca Juga
Hasil IXOR 2017 Banjar Baru
Sentul Dragrace Seri 1

  • facebook share

RELATED NEWS

Motivasi Alinka Tandem dengan Haridarma

Motivasi Alinka Tandem dengan Haridarma

ITCC
Seri Pamungkas F2 Championship 2017

Seri Pamungkas F2 Championship 2017

FORMULA 2
Williams Racing Gaet Robert Kubica

Williams Racing Gaet Robert Kubica

FORMULA 1
Cerita Mekanik Toyota Team Indonesia

Cerita Mekanik Toyota Team Indonesia

ITCC

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company