Serius Kembangkan Disiplin Trials, PB ISSI Gelar Penataran Commissaire Nasional

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : PB ISSI | Editor: Andi Wahyudi | 13 March 2017

SPORTKU.COM

Setelah mengakui Trials sebagai disiplin resmi, PB ISSI menggelar penataran commissaire nasional trials di Depok, Jawa Barat akhir pekan lalu. 

Penataran ini ditujukan untuk mencetak juri-juri pada disiplin trials yang sesuai dengan standar federasi balap sepeda dunia (UCI). Acara tersebut juga turut dihadiri oleh Presiden Komisi Trials UCI yang juga anggota Komisi Perwasitan UCI, Peter Fisch.
 
Ketua Umum PB ISSI Raja Sapta Oktohari mengatakan bahwa masuknya disiplin trials dan juga paracycling ke dalam ISSI membuat federasi balap sepeda nasional ini semakin lengkap.
 
“Sepulangnya dari kongres UCI di Doha, tahun lalu, saya mengajak Yos (Ketua Komisi Trials ISSI) untuk bergabung. Awalnya memang ada keengganan karena komunitas Trials masih melihat bahwa organisasi ini memiliki citra yang kurang baik di masa lalu. Tapi kemudian mereka melihat bahwa ISSI yang sekarang berbeda dengan yang dulu-dulu. Penataran National Trials Commissaire ini juga menjadi bukti bahwa kami serius untuk mengembangkan Trials,” ucap Oktohari.
 
Penataran tersebut diikuti oleh 13 peserta dari Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Tengah. Semua peserta juga dinyatakan lulus oleh Fisch dalam ujian yang diadakan di akhir sesi.
 
“Para commissaire ini menjadi modal awal bagi kami untuk mengembangkan disiplin trials. Jika sudah memiliki juri atau wasit yang bersertifikat, kami bisa mengadakan event nasional, seperti misalnya, national championships yang memang diwajibkan oleh UCI,” tambah Oktohari lagi.
 
Kehadiran Fisch sebagai mentor tunggal pada sesi pelatihan juga menjadi nilai lebih karena para peserta mendapat pelajaran langsung dari presiden komisi trials UCI tersebut.

Ketua Komisi Trials, Yosnison Maretsa, sendiri sebelumnya sudah menjalin komunikasi secara intens dengan presiden Komisi Trials UCI itu sejak Januari lalu. Fisch pun memberi respon positif.
 
“Saya sangat gembira karena ICF mengambil satu langkah maju dengan mendukung pengembangan disiplin trials. Dan, pelatihan commissaire adalah langkah penting pertama yang harus dilakukan jika Anda ingin mengembangkan disiplin ini karena tanpa juri dan wasit yang berkualitas, Anda tak akan pernah bisa membuat kompetisi yang bagus,” katanya.
 
Fisch juga mengatakan bahwa dirinya cukup terkejut saat dihubungi untuk memberi pelatihan di Indonesia karena dia tak pernah mendengar sebelumnya kalau Indonesia tertarik dengan trials.
 
Setelah menggelar penataran juri dan wasit, PB ISSI rencanya juga akan mengundang rider trials top asal Skotlandia, Danny MacAskill, untuk melakukan eksibisi dalam gelaran Tour d’Indonesia.

Peter Fisch (kiri) sedang memberikan penjelasan tentang penilaian trials pada peserta
issi-gelar-penataran-commissaire-98003febbd2bc9e.jpg

 

Baca Juga
Trek Cihuni Siap Tantang Penggemar MTB 

  • facebook share

RELATED NEWS

10 Trik Keren di Crankworx

10 Trik Keren di Crankworx

FREERIDE & SLOPESTYLE
Persaingan di PGV Induro Laps

Persaingan di PGV Induro Laps

CROSS COUNTRY
XCE dilombakan di Kejuaraan Dunia

XCE dilombakan di Kejuaraan Dunia

CROSS COUNTRY
PGV Ingin Tumbuhkan Komunitas Sepeda

PGV Ingin Tumbuhkan Komunitas Sepeda

CROSS COUNTRY

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company