SPORTKU.COM

Michael Essien tolak tawaran dari klub asal Australia dan Thailand demi bergabung bersama Persib Bandung.

Keputusan Michael Essien bergabung dengan Persib Bandung tentu akan memberi dampak positif bagi sepak bola Indonesia. Karena kedatangan mantan gelandang Chelsea ini pasti bakal menjadi sorotan berbagai media di seluruh dunia. Kalau sudah begitu, bukan tidak mungkin para pemain Eropa lainnya bakal mengikuti jejak Essien untuk bergabung dengan klub Indonesia.

Meskipun belum memiliki kekuatan finansial seperti klub-klub Jepang ataupun China, tapi Indonesia punya satu hal yang tidak dimiliki klub-klub Asia lainnya, yaitu fanatisme. Ya, fanatisme para penggila sepak bola di Indonesia bahkan berhasil menjadi salah satu alasa Essien untuk menolak tawaran dari klub Thailand-Muangthong United dan klub Australia-Melbourne Victory.

"Saya ke Persib karena sejarah yang bagus soal klub ini, fansnya yang luar biasa dan segala hal lainnya. Ini jadi keputusan yang sangat baik sekali buat saya menjadi bagian dari Persib," ujar Essien saat diperkenalkan Manajemen Persib, di Graha Persib, Sulanjana, Bandung, Selasa (14/3/2017).

Rekam jejak Essien memang bisa dibilang cukup benderang. Pemain kelahiran 3 Desember 1982 ini pernah membawa Chelsea memenangkan gelar juara Liga Primer Inggris di musim 2005/2006 dan 2009/2010.

Selain itu, Essien juga berhasil mempersembahkan empat gelar juara Piala FA kepada publik London Barat. Tidak hanya itu, dua gelar juara Piala Liga Inggris dan sari Community Shield juga berhasil ia persembahkan kepada tim yang bermarkas di Stamford Bridge.

Tapi pencapaiannya yang paling luar biasa tentunya adalah saat membawa Chelsea keluar sebagai juara Liga Champions Eropa pada tahun 2011/2012 silam.

Essien kemudian sempat menjalani masa peminjaman bersama Real Madrid. Tapi sayang, cedera yang membekapnya, membuat Essien tak bisa tampil maksimal bersama Madrid dan lebih sering berada di bangku cadangan.

Sebelum bergabung dengan Persib, Essien lebih dulu memperkuat tim Yunani, Panathinaikos. Bayaran sebesar 800 ribu euro juga membuat Essien menjadi pemain Panathinaikos dengan bayaran termahal.

Sedangkan bersama Persib Bandung, Essien diikat dengan kontrak berdurasi satu tahun. Sayangnya, nominal yang terdapat di kontrak tersebut tak mau dibeberkan kepada media.

assets/ams/default/expandable-cover.png button billboard

ADVERTISEMENT

assets/ams/default/standard.png

ADVERTISEMENT

assets/ams/default/standard.png