5 Tanjakan Paling Ekstrem Bagi Cyclist

Text : Adi Supriyatna | Editor: Dedi Hermawan | 15 March 2017

5 Tanjakan Sepeda Paling Ekstrem

SPORTKU.COM

Anda tak perlu harus menjadi profesional untuk menikmati tanjakan epik ini. Cukup mencoba salah satunya.

Di bumi ini terdapat beberapa tanjakan yang menyuguhkan pengalamanan pendakian dengan sepeda yang luar biasa dan dapat dinikmati oleh para cyclist. Beberapa diantaranya mungkin tergolong klasik dan bisa menjadi ujian bagi anda.

Kesuksesan dari mendaki tanjakan tersebut, tentunya, bukan hanya pemandangan yang indah, tapi juga kepuasan tersendiri.

1. Death Valley

Terletak di Amerika Serikat, tanajakan ini memiliki jarak sepanjang 64,8km dengan gradien maksimum yang mencapai 13%. Tanjakan ini menjulang hingga 1.785m.

Dijuluki sebagai Death Valley (Lembah Kematian) Amerika, tempat ini tidak dikenal sebagai tempat yang bagus untuk bersepeda. Dengan suhu musim panas yang mencapai 49°C, tempat ini memiliki sejumlah landmark, yang diantaranya adalah Funeral Mountains, Devil’s Golf Course dan Coffin Peak.

Dimulai pada ketinggian -85,5m, di daerah yang kering, bergaram dan menjadi titik terendah di Amerika Utara, 25km pertama dari perjalanan berupa lintasan hampir datar. 30km dari aspal berikutnya meningkat sekitar empat persen.

2. Khardung Pass

Khardung Pass, yang berada di India, juga tercatat sebagai salah satu tanjakan paling ekstrem. Dengan jaraknya yang mencapai 39km dan tinggi 1,859m dan gradien 5%, tanjakan ini menyimpan bahaya lain yang mengancam para pesepeda, yaitu penyakit ketinggian dan pengendara truk militer.

Dimulai dari kota Leh, kondisi jalan di tanjakan ini belum dilapisi aspal. 15km menjelang akhir tanjakan, para pesepeda pun harus waspada terhadap bebatuan dan salju.

3. Passo dello Stelvio

Dimulai dari kota Prato, di Italia, tanjakan ini terbentang sejauh 24,3 km, dengan kemiringan maksimum 14%. Pendakian setinggi 1,808m menjadi penyiksaan psikologis bagi rider yang ingin menaklukkan tanjakan ini.

Bila dilihat dari udara, jalan di tanjakan ini tampak mengular, melintasi tebing-tebing bersalju dengan 48 tikungan yang tajam.

Sampai-sampai, legenda Fausto Coppi yang dijuluki Il Campionissimo (Juaranya para juara) bahkan mengatakan bahwa ia merasa akan “mati" selama pendakian di tempat ini.

4. Hardknott Pass

Inggris juga mengoleksi sebuah tanjakan yang menjadi momok bagi para pesepeda. Tak hanya memiliki tinggi 315m dan gradient 2,633%, tanjakan di Hardknott Pass juga menyimpan bahaya lain yang berupa hembusan angin kencang, hujan serta kawanan domba liar yang kerap kali mengganggu para cyclist.

Dengan kondisinya yang demikian, tempat ini menyandang gelar sebagai kawasan paling curam dan berat.

5. Mont Ventoux

Tempat ini merupakan salah satu tanjakan yang menakutkan di Prancis bahkan dunia. Dijuluki sebagai Raksasa dari Provence, tanjakan ini memiliki jarak sejauh 21,8km, dari Bédoin, dan menjulang hingga 1.912m.

Mont Ventoux juga pernah memakan korban, dimana pebalap Inggris Tom Simpson meninggal dunia saat mengikuti Tour de France pada tahun 1967 silam.

Para pesepeda tengah melintasi Hardknott pass (Foto: Steve Fleming)
tanjakan-ekstrem-di-dunia-53384e447968065.jpg

Baca juga
5 Mtb Dh Termahal 2017 
5 Rider Mtb Enduro Tercepat Di Dunia 

  • facebook share

RELATED NEWS

Lima Momen Ikonik Arsene Wenger

Lima Momen Ikonik Arsene Wenger

TOP 5
Lima Pemain Wajib Dibeli Barcelona

Lima Pemain Wajib Dibeli Barcelona

TOP 5
5 Pemain Hancur di Chelsea

5 Pemain Hancur di Chelsea

TOP 5
5 Pebalap Motor 'Keturunan' Bapak

5 Pebalap Motor 'Keturunan' Bapak

TOP 5

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company