SPORTKU.COM

Banyak faktor yang harus terlibat dalam dunia balap. Bukan hanya mengenai pebalap dan motor balapnya saja.

Di luar dua faktor tersebut, komponen untuk motor balap juga tidak asal pakai. Sparepart terutama. Untuk motor balap ada beberapa part yang harus diperhatikan penggunaannya. Salah satunya adalah soal pemakaian aki.

Untuk yang satu itu, penggunaan aki kering sangat disarankan. Ada satu alasan kenapa untuk motor balap tidak disarankan memakai aki basah karena jika terjadi kecelakaan atau motor terjungkal, air dari aki itu bisa tumpah. Hal itu tentu bisa membahayakan jalannya lomba.

Tapi kini ada solusi bagi para pebalap dan tim yang ingin menggunakan aki benar-benar kering. Ada satu produk aki WR Super Battery. Sel pada aki serperti WR ini terbuat dari bahan kalsium yang disekat jaring bahan elektrolit. Sehingga gelnya menyatu dengan sel. Elektrolit pada sel sifatnya harus wadah tertutup mati. Dengan begitu, aki ini memiliki kecepatan penyimpanan listrik yang baik.

“Kalau yang ini selnya menggunakan jel atau gel alias selai. WR pakai teknologi Nano gel. Di istilah aki AH-nya sebagai penyimpan setrumnya sempurna. Lalu CCA-nya tinggi. Jadi mesin motor mudah dinyalakan saat start awal,” kata Firman, Marketing Penasehat TJM Racing yang merupakan salah satu tim andalan di Indonesia. Tim ini juga tampil di ajang Asia Road Racing Championship (ARRC).

Aki WR dengan kode RW S5 berdaya 12V/4AH mampu menyalakan mesin bebek dan matik yang kompresinya sudah mumpuni untuk ajang balap dan biasanya setengah mati distarter. Artinya, aki WR juga cocok buat balap seperti matic race maupun ajang balap drag bike.

Karena bersifat aki kering, maka ada satu kehebatan. Di mana pemasangan aki ini juga bisa dibolak-balik posisinya. “Ada lagi, karena ECU dapat suplai sesuai spesifikasi aki, tarikan motor juga konstan dan bertambah tenaganya. Beda dari aki biasa yang pura-pura kering seperti yang kebanyakan dijual di Indonesia. Di balap saja oke, apalagi harian," imbuh Firman yang merupakan mantan pebalap seangkatan dengan Popo Hartopo.

"Saat ini aki WR juga tersedia di TJM Racing di Jl Arteri Panjang, Kedoya Selatan, Jakarta Barat. Pembeli juga bisa kontak kami di nomor handphone 085946463366," pungkas Firman.

Baca Juga
Filter Udara di Motor Balap, Perlu Atau Tidak?

assets/ams/default/expandable-cover.png button billboard

ADVERTISEMENT

assets/ams/default/standard.png

ADVERTISEMENT

assets/ams/default/standard.png