Menikmati Suguhan Torsi Tata Xenon XT D-Cab 4x4

Text : Andi Wahyudi | Photo / Video : Andi Awd | 15 March 2017

SPORTKU.COM

Geliat Tata Motors di pasar mobil nasional semakin kuat dengan hadirnya double cabin terbaru mereka, Tata Xenon XT D-Cab 4x4.

Sejatinya, Tata Xenon XT D-Cab 4x4 sudah diperkenalkan di arena GIIAS tahun lalu. Namun belum banyak informasi akurat berkaitan dengan kehadiran mobil racikan India ini. Nah, berkaitan dengan hal tersebut, Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) menggelar kegiatan fun day offroad di arena Jeep Station Indonesia (JSI) di wilayah Mega Mendung, Bogor.

Sepintas, Tata Xenon tampil seperti lazimnya kendaraan double cabin umumnya. Mobil ini dibekali mesin diesel common rail Tata 2.2L VTT DICOR yang dikombinasi dengan transmisi manual 5-percepatan. Tenaga maksimum 148 hp pada 4000 rpm dan torsi puncak 320 Nm di putaran mesin 1500-3500 rpm. Model 4x4 memberikan fitur shift on fly 4x4 system yang mendukung kemampuan off-road secara maksimal. Sistem transmisi yang lembut dicapai berkat teknologi gearbox GBS-76- 5/4.1 dengan over drive dari Xenon D-Cab.

Muatan Tata Xenon XT D-Cab 4x4 dapat disesuaikan dengan berbagai jenis kebutuhan bisnis. Loading deck-nya berbahan double corrugated galvanized steel yang memiliki daya angkut hingga 1.000 kg dengan ukuran (PxLxT) 1.430 x 1.410 x 400 mm dan ground clearance 210 mm.

Di sektor kaki-kaki, Tata Xenon XT D-Cab 4x4 dilengkapi dengan suspensi independen dengan antiroll bar dan fitur LSD (Limited Slip Differential) yang memberikan kestabilan saat bermanuver meski sedang bermuatan beban penuh dan mudah beradaptasi dengan berbagai medan dan kondisi jalan.

Tata Xenon XT saat melintasi genangan air

tata-xenon-xt-awd-1485436779813dc.JPG

Namun, bukan urusan spesifikasi yang membuat mobil ini cukup menyita perhatian. Yang patut dicermati adalah kemampuan offroadnya yang bisa dibilang cukup mumpuni. Dengan mesin standar dan hanya mengganti ban serta meninggikan suspensi, mobil ini ternyata cukup asyik diajak melintasi trek buatan di JSI. Trek buatan tersebut dirancang sedemikian rupa untuk bisa "menyiksa" kemampuan mobil.

Sayangnya, mobil ini belum bisa disiksa secara sempurna, mengingat tanki bahan bakarnya bisa dilihat dengan jelas persis di bawah tempat duduk belakang. Ada kekhawatiran, tanki tersebut bisa saja bocor ketika berbenturan dengan batu atau benda keras lainnya saat melibas jalan yang amburadul. Mungkin jika posisi tanki bahan bakar dirancang dengan tepat dan aman, kekhawatiran tersebut bisa hilang berganti keceriaan menikmati lintasan offroad menantang.

Tapi, menurut catatan SPORTKU, kemampuan rock crawling Tata Xenon boleh diadu dengan mobil sejenis. Menariknya, dari data teknis yang ada, semburan torsi rendahnya bisa dirasakan bekerja pada 1000 rpm dengan kekuatan mencapai 223 Nm. Ini tentu saja sangat cocok dengan karakter mobil offroad yang membutuhkan torsi besar.

Fitur-fitur yang ditawarkan mobil yang dibanderol Rp320 juta ini juga terbilang lengkap sebagai sebuah kendaraan bagi aktifitas luar ruangan. Tata Xenon D-Cab sudah dilengkapi fitur safety yang lengkap. Diantaranya Collapsible Steering Column, twin circuit braking system, dual airbags, ABS, side impact beams dan reinforce 3 layer body construction.

Berpikir untuk menjadikannya sebagai kendaraan untuk offroad ekstrem atau speed offroad? Mmm, sah-sah saja. Yang pasti akan banyak modifikasi untuk bisa menjadikan mobil ini sebagai tunggangan offroad ekstrem atau speed offroad.  Karena mengingat Xenon XT D-Cab 4x4 membidik segmen usahawan perkebunan, pertambangan dan kendaraan dinas pemerintahan, maka soal kenyamanan berkendara mobil 4x4 juga menjadi perhatian pabrikan Tata Motors. 

"Xenon XT 4x4 dilahirkan dengan fokus utama melayani kebutuhan pengusaha akan kendaraan kabin ganda yang memiliki nilai kekuatan, kenyamanan dan efisiensi dalam satu paket. Bukan sebagai kendaraan offroad ekstrim yang rigid. Kendati begitu, kami juga kerap mendapatkan profil konsumen yang membeli untuk digunakan sebagai hobi. Yang memodifikasi Xenon XT D-Cab 4x4 agar layak melahap medan offroad ekstrim," ujar Kiki Fajar, Corporate Communication Head TMDI.

Nah...

  • facebook share
  • twitter shere

RELATED NEWS

Uji coba SX4 S-Cross

Uji coba SX4 S-Cross

TEST DRIVE
Unjuk Performa Tata Xenon

Unjuk Performa Tata Xenon

TEST DRIVE
Highlight Tes New Honda Mobilio

Highlight Tes New Honda Mobilio

TEST DRIVE
Aksi New Honda Mobilio

Aksi New Honda Mobilio

TEST DRIVE

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company