SPORTKU.COM

Wilman Hammar ternyata punya strategi jitu untuk bisa mengalahkan pesaing terberatnya Rafid Topan di Race 1 Kelas Sport 250cc.

Dalam laga yang digelar di Sirkuit Sentul Bogor, Jawa Barat, Sabtu (18/3), Wilman Hammar berhasil keluar sebagai juara. Butuh waktu lama bagi pebalap Yamaha Yamalube NHK IRS Nissin DID NGK Bahtera Racing Team itu untuk bisa menembus posisi terdepan. Usahanya selama 12 lap terbayarkan setelah dirinya menyentuh garis finish terdepan.

Pesaing terberat Wilman Hammar adalah Rafid Topan Sucipto yang tak lain juga merupakan rekan setimnya. Tak aual persaingan mereka di lintasan balap pun cukup menegangkan. Topan mampu memimpin balapan selama 12 lap, sebelum akhirnya jelang garis finish ditekuk oleh rekannya sendiri.

Wilman Hammar kemas waktu 21menit 20.132detik yang sekaligus mengantarkan dirinya ke podium teratas. Sedangkan Topan yang harus puas di posisi kedua terpaut tipis hanya 0.009detik. Diakui oleh Wilman Hammar jika dirinya memang cukup main aman di lap-lap awal dan baru memberikan serangan di lap-lap akhir.

"Pada lap-lap awal saya sudah mencoba untuk nge-push bisa ke satu atau gak tapi ternyata tidak bisa. Baru di sisa lima lap terakhir saya mulai melakukan strategi untuk bisa ke depan. Dan saya baru fokus di lap terakhir. Karena sudah saya paksain di lap-lap awal tetap tidak bisa ke satu, gear gak nyampai karena masih pakai settingan basah," ungkap Wilman Hammar.

Kesabaran Wilman Hammar ternyata berbuah manis. Tak bisa berkutik di 11 lap awal, jurus yang dia keluarkan di lap akhir justru membawanya ke podium juara. "Lap terakhir (12) di tikungan terakhir saya masih berada di posisi kedua. Baru bisa kalahkan Topan di trek lurus jelang garis finish," imbuh Wilman Hammar.

Topan pun mengakui jika dirinya memang ada masalah dengan motornya. "Saya mengalami masalah dengan knalpot, sensor knalpot lepas jadi di putaran atas gak ada tenaga," sahut Topan.

Meski bisa finish terdepan di Race 1, namun masih ada pekerjaan rumah yang harus dilakukan Wilman Hammar bersama timnya. Sebab pada Race 2 besok Minggu (19/3) dirinya harus start dari posisi grid belakang menyesuaikan regulasi dari panitia. Termasuk 9 pebalap lainnya yang masuk posisi 10 besar juga harus start dari grid belakang.

Baca Juga
Hasil Lengkap Race 1 Sport 250 di Seri 1 IRS 2017
Rafid Topan Pole Position di Seri 1 IRS 2017 Kelas Sport 250

assets/ams/default/expandable-cover.png button billboard

ADVERTISEMENT

assets/ams/default/standard.png

ADVERTISEMENT

assets/ams/default/standard.png