Richard Taroreh Juarai Race 2 Kelas Sport 150 di Seri 1 Kejurnas IRS 2017

Text : Suhartono | Photo / Video : Sonny Hastara | 19 March 2017

Taroreh Kembali Juarai Sport 150

SPORTKU.COM

Richard Taroreh kembali menjuarai Race 2 Sport 150 di Seri 1 Kejurnas IRS 2017, (19/3). Taroreh tampil impresif di lap-lap akhir.

Pebalap Yamaha Yamalube Jasti Putra NHK FDR 549 Kaboci Racing itu kembali menjadi juara setelah pada Race 1 kemarin juga tampil tercepat. Tercecer di barisan belakang pada lap-lap awal tak membuat Taroreh mati langkah. Strategi setiap lap untuk terus menerobos posisi terdepan terus dilakukan sepanjang balapan.

Balapan sempat diwarnai red flag (bendera merah) karena adanya insiden di lintasan. Melakukan start ulang, pada lap pertama Wahyu Aji langsung memimpin balapan. Disusul dua pesaingnya Fabrianus Balank dan Jaoner Deden. Di saat yang sama Taroreh masih belum bisa masuki barisan lima besar.

Baru ketika masuki lap ke-3, pebalap asal Papua Barat itu berhasil membuat gebrakan dengan menduduki posisi ke-4. Berusaha untuk terus memperbaiki catatan waktunya, namun Taroreh masih harus bersabar. Pada lap ke-4, posisinya masih tertahan nomor 4. Di saat yang sama Gupita Kresna memimpin balapan sejak lap 3.

Peluang Taroreh untuk menduduki podium kemenangan mulai terukur. Melakukan tekanan di lap 5, Taroreh berhasil merangsek ke posisi 3. Tak mau kehilangan peluang, pebalap bernomor 179 itu terus menekan lawan mainnya. Hingga akhirnya strategi jitunya untuk podium satu tercapai di dua lap terakhir.

Memimpin balapan sejak lap ke-7, Taroreh akhirnya melewati garis finish terdepan. Kemenangan untuk kedua kalinya di seri pembuka irs 2017 pun berhasil dia rengkuh. Taroreh kemas waktu tercepat 24menit 28466detik. Menyusul di podium kedua adalah Gupita Kresna dengan gap 0.718detik. Sedangkan di Fabrianus Balank harus puas ketiga dengan catatan waktu 24menit 29.422detik.

Sementara itu, Jaoner Deden yang start dari posisi terdepan justru terlempar dari podium juara. Pebalap dari tim Yamaha yamalube BAF Akai Jaya Traxxd IRC MBKW2 itu harus puas finish ke-13.

Keyakinan Taroreh untuk bisa kembali menjadi juara memang sudah dirasakannya sejak sesi pemasanan. Saat melakukan warming up, Yamaha R25 miliknya terasa sudah kuat dan lebih bagus dari hari Sabtu (18/3) kemarin. Kunci bagi dirinya untuk bisa kembali juara adalah melakukan strategi di lintasan.

"Saat pemanasan saat mencoba main sendiri, motor saya rasa lebih kuat dan lebih bagus dari kemarin. Tapi mau mencoba kabur dari lap pertama tidak bisa, pertengahan lap masih melakukan strategi seperti Race 1 kemarin untuk mengamankan mesin. Baru di tiga lap terakhir saya push," ungkap Taroreh yang start dari grid 9.

Meski harus memulai balapan dari posisi belakang setelah kemarin juarai Race 1, namun hal tersebut nyatanya tak membuat Taroreh terkalahkan. "Tidak ada masalah start dari grid 9, kalau motornya bagus meski start dari belakang ya bisa maju juga. Mungkin karena saya juga punya bekal data setelah satu minggu latihan di sini," imbuh Taroreh yang pakai ban FDR.

Balapan dengan kondisi berbeda dari Race 1 juga tak menjadi kendala baginya. Race 1 yang dilakukan dalam kondisi trek basah, sementara di Race 2 balapan dilangsungkan di bawah terik matahari. Memiliki banyak data dalam kondisi kering dan basah membuat Taroreh memang lebih siap menghadapi balapan perdana IRS 2017 Kelas Sport 150cc.

"Strategi khusus ya pada tiga lap terakhir itu, di tiga lap terakhir itu saya harus sudah mulai push. Kalau tidak motornya gak panas-panas, jadi sejak lap pertama hingga pertengahan saya lebih pilih main aman hanya ngikutin pebalap di depan untuk menjaga kondisi mesin," beber Taroreh.

"Motornya memang sudah kita persiapkan sejak satu bulan lalu. Kita kumpulkan dulu sparepart yang kita butuhkan baru kita riset. Ini motor sama dengan tahun lalu tapi dengan spek baru lagi," jelas Subhan Al Gozali, bos 549 Kabochi Racing Team.

"Mesin tidak ada yang kita ubah, sama dengan kemarin. Hanya mapping yang kita ubah lebih basah, pakai gear 16-48. Saya arahkan dia (Taroreh) untuk main lebih aman setelah red flag," tutup Mekanik 549 Kabochi Racing Team, Syafarudin.

Baca Juga
Supersport 600 Hilang Dari Kejurnas IRS 2017
Lama Absen, Doni Tata Kembali Turun Balap di Kejurnas IRS 2017

  • facebook share
  • twitter shere

RELATED NEWS

Galeri Foto Kejurnas Supermoto Sentul

Galeri Foto Kejurnas Supermoto Sentul

SUPERMOTO
Duel Farhan Dan Ade Elvira

Duel Farhan Dan Ade Elvira

SUPERMOTO
2 Pebalap Ultraspeed ARRC Sentul

2 Pebalap Ultraspeed ARRC Sentul

ARRC
Suzuki Gelar Latihan di Sentul

Suzuki Gelar Latihan di Sentul

ARRC

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company