Kalah Dari Eli Tomac, Ini Kata Ryan Dungey

Text : Suhartono | Photo / Video : Brmx | Editor: Andi Wahyudi | 20 March 2017

SPORTKU.COM

Monster Energy AMA Supercross 2017 masuki putaran ke-11. Laga tersebut digelar di Lucas Oil Stadium, Indianapolis, Amerika, Sabtu (18/3).

Berada di depan riuhnya ribuan penonton, Eli Tomac berhasil menang lagi. Pada Seri 11 AMA Supercross 2017, crosser Monster Energy Kawasaki itu membuat 60.216 penoton yang berada di dalam Stadion Lucas Oil bertepuk tangan menyambut kemenangannya.

Sangat spesial bagi Eli Tomac dan Kawasaki, karena ini menajdi kemenangan ketiganya secara beruntun. Sekaligus menandai enam kali kemenangannya sepanjang tahun ini. Meskipun berhasil menang, namun justru bukan dirinya yang mampu mendapatkan holeshot saat balapan dimulai.

Penampilan Eli Tomac di Kelas 450SX tak berjalan mulus untuk menembus barisan depan. Saat bendera start dikibarkan, Blake Baggett, pebalap KTM justru tampil impresif. Dia menjadi pebalap yang berhasil mendapatkan holeshot atau keluar tikungan pertama di posisi terdepan.

Blake Baggett berada di posisi terdepan dengan diikuti Eli Tomac dan Ryan Dungey (Red Bull KTM). Masih di lap pembuka, Dungey mengambil kesempatan untuk bergerak melewati Eli Tomac. Kini Eli Tomac tertahan di urutan kedua. Tetapi pebalap Kawasaki itu tak butuh waktu lama, kemudian kembali merebut posisinya dari Ryan Dungey.

Berhasil keluar dari tekanan Ryan Dungey, kini target Eli Tomac adalah Blake Baggett. Dengan strategi jitunya, pada lap kedua Eli Tomac sudah mampu menyalip Blake Baggett untuk memimpin jalannya lomba. Nasib sial bagi Blake Baggett, kini dia harus tersingkir ke posisi tiga setelah diambil alih Ryan Dungey.

Kini semua mata penonton tertuju pada Eli Tomac dan Ryan Dungey. Sepanjang lap mereka saling mengejar. Dua crosser unggulan membuat suasana malam itu semakin panas. Meski berada di urutan depan, namun Eli Tomac patut mewaspadi tekanan Ryan Dungey. Keduanya hanya terpisah 1detik.

Balapan semakin panas hingga pertengahan lap. Pebalap di barisan belakang juga tak mau kalah. Marvin Musquin, rekan setim Ryan Dungey memberikan serangan demi serangan pada setiap lapnya. Hingga pada lap 11, Blake Bagget tersingkir dari posisi ketiga dan diambil alih Marvin Musquin.

Marvin Musquin, crosser asal Perancis itu kini fokus untuk bisa menyingkirkan Ryan Dungey. Meski berangkat dari satu paddock, namun persaingan mereka di sirkuit tak bisa dihindarkan. Marvin Musquin terus menekan Ryan Dungey. Mereka berjuang selama beberapa lap sebelum Marvin Musquin mampu menyalip Ryan Dungey di lap 19.

Di bagian akhir balapan, Eli Tomac semakin tak tertandingi. Pada saat Marvin Musquin dan Ryan Dungey asyik berebut posisi runner up, justru keuntungan didapatkan Eli Tomac. Tanpa disadari oleh duo Red Bull KTM, Eli Tomac semakin jauh meninggalkan mereka di depan.

Eli Tomac pun menang mudah. Kemenangannya bahkan bisa terpaut jauh dengan pebalap di belakangnya. Eli Tomac menyentuh garis finish pertama dengan gap 5,8detik di depan Marvin Musquin. Ini menjadi kemenangan ke-9 sepanjang karier Eli Tomac. Dia juga menjadi salah satu dari empat pebalap yang bisa menjadi juara di Lucas Oil Stadium. Ryan Dungey pun harus puas podium ketiga.

"Musim ini adalah segala sesuatu yang Anda pernah bermimpi, selain memenangkan kejuaraan. Saat ini kami sedang memenangkan balapan, jadi itu cukup keren. Saya tidak tahu harus berkata apa. Ini adalah baik bagi kita. Kami melakukan apa yang perlu kita lakukan, tapi kita harus terus melakukan itu," ungkap Tomac dikutip Dirtrider.

"Itu sedikit buruk bagi kita saat ini. Hanya saja bagaimana kelanjutannya, dan saya tidak bisa menjelaskan mengapa kali ini lain lebih sulit. Kami malam ini yang terbaik. Dalam Main Event kami memiliki wawasan, saya bisa keluar dan di depan dengan pemimpin balapan. Saya bisa memberikan tekanan pada Eli Tomac, tapi kemudian saya kalah cepat," tutup Ryan Dungey.

Baca Juga
Eli Tomac Kembali Kalahkan Ryan Dungey di Seri 11 AMA Supercross 2017

  • facebook share
  • twitter shere

RELATED NEWS

Asal Usul Balap Motocross

Asal Usul Balap Motocross

MOTOCROSS
Beragam Jenis Rintangan Balap Motocross

Beragam Jenis Rintangan Balap Motocross

MOTOCROSS
Corsa Puas dengan Performa DIva

Corsa Puas dengan Performa DIva

MOTOCROSS
KTM-Kawasaki Kuasai MXGP Rusia

KTM-Kawasaki Kuasai MXGP Rusia

MXGP

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company