5 Catatan Buruk Karir Kepelatihan Luis Milla

Text : M Rusjdi Alatas | Photo / Video : Sonny Hastara | Editor: Dedi Hermawan | 23 March 2017

SPORTKU.COM

Sebelum dipercaya sebagai pelatih Timnas Indonesia, Luis Milla Hanya Mampu Raih 5 Kemenangan dari 20 Laga Terakhirnya.

Banyak yang merasa kecewa saat Timnas Indonesia U-22 harus menelan kekalahan 1-3 dari Myanmar dalam laga uji coba yang berlangsung di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, selasa (21/3/2017). Maklum saja, setelah ditunjuknya Luis Milla sebagai pelatih kepala, banyak orang yang memasang target berlebihan hanya berdasarkan keberhasilan Milla membawa Timnas U-21 Spanyol menjuarai Piala Eropa.

Namun nyatanya Milla hanyalah manusia biasa. Pelatih kelahiran 12 Maret 1966 ini, juga membutuhkan waktu untuk menerapkan taktik permainan kepada skuat asuhannya. Dan waktu sepekan yang dimiliki Milla untuk mempersiapkan laga kontra Myanmar, jelas belum cukup untuk membuat Timnas U-22 bermain seperti yang diinginkannya.

Pelatih Timnas Myanmar, Gerd Zeize juga menyatakan kalau Indonesia harus memberi Luis Milla waktu bila ingin mendapatkan hasil yang memuaskan. Meski karir kepelatihannya cukup cemerlang, namun Milla tak bisa dipaksa untuk memberi perubahan besar hanya dalam waktu yang sangat singkat.

''Bagus bagi Indonesia, ia pelatih berpengalaman. Tapi ia butuh waktu, ia tidak bisa kemarin datang dan langsung memberi perubahan di keesokan harinya. Anda harus memberi ia waktu, biarkan ia melakukan tugasnya,'' ungkap pelatih Timnas Myanmar, Gerd Zeize.

Coba saja anda lihat catatan Pep Guardiola. Meski berhasil membawa Barcelona merajai dunia dengan memenangkan 3 gelar La Liga, 2 Copa del Rey, 3 Supercopa de Espana, 2 Liga Champions Eropa, 2 UEFA Super Cup, dan 2 gelar juara Piala Dunia antar klub, namun Guardiola nyatanya tetap harus menelan kekalahan di laga resmi pertamanya bersama Bayern Muenchen. Hal ini jelas membuktikan kalau nama besar saja tak cukup untuk mejadikan sebuah tim bermain dengan sempurna.

Sama halnya dengan Luis Milla, meski di tahun 2011 silam mampu membawa Timnas U-21 Spanyol keluar sebagai juara Piala Eropa, tetap saja pelatih asal Spanyol ini tidak bisa disamakan dengan Bandung Bondowoso yang mampu mendirikan seribu candi hanya dalam waktu semalam. Sayangnya, expose berlebihan yang dilakukan sejumlah media nasional terhadap catatan bergengsi yang pernah diraih Milla, membuat banyak pecinta sepak bola kemudian memiliki ekspektasi berlebihan.

Untuk itu, tak ada salahnya bila kita juga mengintip sejumlah catatan buruk yang dimiliki Luis Milla selama karir kepelatihannya.

1. Sebelum ditunjuk sebagai Pelatih Timnas Indonesia, Luis Milla hanya mampu memetik 5 kemenangan di 20 laga terakhirnya.

2. Dari 20 laga terakhirnya, Milla hanya mampu memastikan 6 laga tanpa kebobolan.

3. Luis Milla hanya mampu bertahan selama empat bulan di klub terakhirnya (Real Zaragoza). Milla didepak dari bangku kepelatihan setelah menjalani enam laga tanpa mengantongi sekalipun kemenangan.

4. Dari 13 laga sebagai pelatih Real Zaragoza, Milla hanya mampu mencatatkan 3 kemenangan.

5. Dari 38 penampilannya sebagai pelatih di ajang La Liga, Luis Milla hanya mampu memetik 11 kemenangan.
*sumber:Transfermarkt

  • facebook share
  • twitter shere

RELATED NEWS

5 Pebalap dengan Podium Terbanyak

5 Pebalap dengan Podium Terbanyak

TOP 5
5 Pebalap Dunia Berhelm KYT

5 Pebalap Dunia Berhelm KYT

TOP 5
Pebalap Indonesia di Kejuaraan Dunia

Pebalap Indonesia di Kejuaraan Dunia

TOP 5
5 Pebalap Indonesia yang Ngevlog

5 Pebalap Indonesia yang Ngevlog

TOP 5

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company