Rossi Harus Start dari Grid 10 di MotoGP Qatar 2017

Text : Suhartono | Photo / Video : Yamaha | 26 March 2017

SPORTKU.COM

Valentino Rossi mengaku kecewa dengan dibatalkannya sesi kualifikasi MotoGP Qatar 2017. Di sisi lain dia mengatakan ini adalah keputusan tepat.

Valentino Rossi mamulai balapan MotoGP dengan buruk. Sejak sesi latihan bebas, posisi pebalap Movistar Yamaha ini selalu berada di rombongan belakang. Dari hasil kombinasi latihan, Rossi kemas waktu buruk. Apesnya lagi, tak ada babak kualifikasi untuk MotoGP Qatar yang membuat Rossi harus start dari grid 10.

Kondisi trek yang diguyur hujan dan badai memang membuat Komisi Keselamatan MotoGP harus meniadakan sesi kualifikasi. Maka hasil kombinasi latihan bebas menjadi catatan untuk menentukan grid position. Di mana Maverick Vinales, rekan setim Rossi akan memulai balapan dari grid terdepan.

"Masalah pertama adalah bahwa saya harus mulai balapan dari grid kesepuluh. Tapi masalah kedua adalah bahwa selama latihan, saya tidak pernah memiliki kecepatan yang baik," ungkap Rossi.

"Karena mungkin dengan adanya air, mereka membersihkan trek, dan lagi pula, kami memiliki satu jam setengah dari pemanasan, dan dua balapan sebelum MotoGP. Jadi dalam kondisi normal, trek bisa dalam kondisi yang baik," imbuh Rossi.

Meskipun frustasi dengan pembatalan kualifikasi, Rossi yakin jika keputusan Race Direction adalah yang paling tepat. "Ya, bagi saya pribadi sangat buruk, karena saya harus mulai (balapan) dari belakang, tapi bagi saya ini adalah pilihan yang tepat."

Menurut Rossi, kondisi Sirkuit Losail saat ini sangat beragam. Sebagian trek kering, namun tak sedikit pula trek dalam kondisi sangat basah. "Sehingga tidak tahu ban mana yang bisa digunakan. Dan itu sangat berbahaya," pungkas Rossi.

Berbagai keputusan masih bisa saja terjadi. Jika hingga malam hari kondisi trek masih tergenang air, penyelenggara akan mempersilakan para pebalap melakukan uji coba untuk memahami situasi. Upan balik dari para pebalap akan menjadi kunci apakah balapan bisa digelar atau tidak.

  • facebook share

RELATED NEWS

Yamaha Akai Jaya Berjaya

Yamaha Akai Jaya Berjaya

MOTOPRIX
Hebat! Ali Adrian Masuk 3 Besar

Hebat! Ali Adrian Masuk 3

SUPERBIKE
Indonesia Kebagian MotoGP di 2019?

Indonesia Kebagian MotoGP di 2019?

MOTOGP
Gerry Salim Berpeluang Kunci Juara

Gerry Salim Berpeluang Kunci Juara

ARRC

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company