Japan Super Touring Car Championship Kelas Baru di ISSOM nan Bergengsi

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Sonny Hastara,Greg Bima | Editor: Dedi Hermawan | 27 March 2017

Suguhan Berbeda Balap Mobil Jepang

SPORTKU.COM

Seri perdana ISSOM 2017 menyertakan Kejuaraan baru di dalamnya. Kelas tersebut ditujukan bagi pecinta balap yang menggunakan mobil Jepang.

Japan Super Touring Car Championship (JSTC) menjadi sajian baru dalam gelaran balap nasional, Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM) 2017. Kehadiran kelas baru ini sebagai wadah bagi pecinta balap yang memiliki kendaraan lansiran Negeri Sakura. Melihat regulasi yang ditawarkan, kelas ini bisa menjadi alternatif bagi pebalap atau tim balap yang punya mobil balap namun enggan untuk masuk ke kejuaraan Supercar Championship.

"Rencana sebenarnya dari Desember tahun lalu. Karena saya suka mobil Jepang, saya punya mobil Mitsubishi Lancer dengan Turbo, sehingga saya pikir kalau saya ikut balapan di kelas apa? Kalau di kelas Supercar lawannya Lamborghini, Ferrari, sudah tidak masuk. Itulah kenapa saya bikin ada kelas Japan Super Touring Car (JSTC)," ujar Ferry selaku Ketua Penyelenggara JSTC.

Meski terbilang instan, namun Ferry tetap yakin bahwa JSTC ini dapat meraih kesuksesan. Terlebih saat orang terdekatnya mendukung secara penuh. "Yang buat saya yakin adalah keluarga saya, istri saya dukung saya full. Dia bilang kalau saya ingin buat acara balapan ini, dia dukung penuh. Sukses atau tidaknya, itu urusan Tuhan," sambung Ferry di paddock JSTC.

Dalam seri pertama ini, penyelenggara JSTC membaginya menjadi lima kelas yang terdiri dari 1A (mesin 1.600 non turbo), 1B (mesin 2.000 non turbo), 2A (mesin 1.600 turbo), 2B (mesin 2.000 turbo) dan Free For All (FFA). "Seri pertama kebetulan semua kelas full, dari 1A, 1B sampai 2A dan 2B serta FFA semua full. Diikuti 17 peserta, 3 tidak start jadi yang start hanya 14. Kelas 1A itu 1.600 non turbo, 1B 2.000 non turbo, 2A 1.600 turbo, 2B 2.000 turbo, dan FFA itu free for all," beber pebalap yang menggeber Mitsubishi Lancer ini.

Lebih rinci, Ferry, menjelaskan perihal apa yang menjadi latar belakang diadakannya Kejuaraan JSTC ini. "Saya di JSTC hanya bisa menawarkan, pertama, pengalaman lain di ISSOM. Keseruan yang berbeda, keakraban antar peserta karena peserta di sini seluruhnya teman. Yang kedua saya mungkin menawarkan agar kita semakin dikenal oleh tim pabrikan. Kita tahu sendiri di Indonesia banyak sekali mobil Jepang, kalau kita bikin balapannya sukses pasti kita dilirik oleh mereka (pabrikan) dan itu pasti memudahkan dalam hal sponsor," imbuhnya.

Ferry, Penyelenggara Japan Super Touring Car Championship Indonesiapara-juara-issom-seri-664694efc6a534e.jpeg

  • facebook share
  • twitter shere

RELATED NEWS

Mercedes Berhasil Unggul Berkat Bottas

Mercedes Berhasil Unggul Berkat Bottas

FORMULA 1
Alonso Uji Coba Mesin Spec3

Alonso Uji Coba Mesin Spec3

FORMULA 1
Honda Pangkas Bobot di WTCC

Honda Pangkas Bobot di WTCC

WTCC
Hasil Kualifikasi F2 Azerbaijan

Hasil Kualifikasi F2 Azerbaijan

FORMULA 2

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company