Dilema Bikers Moge di Indonesia

Text : Suhartono | 28 March 2017

SPORTKU.COM

Dilema bikers pengguna motor gede (moge) di Indonesia. Maklum, sebagai kaum minoritas tentunya keberadaan mereka selalu menjadi sorotan.

Pengguna moge di Indonesia memang masih kalah jauh jumlahnya jika dibandingkan dengan motor kecil (mocil). Maka tak heran jika segala aktifitas bikers pengguna moge selalu menyita perhatian publik.

Namun justru perhatian publik kepada mereka terkadang menjadi bumerang. Apalagi kalau menyangkut soal hal negatif. Langsung menjadi viral dan menjadi perbincangan publik.

Tak terkecuali menyangkut soal tingkah polah bikers di jalan raya. Tak sedikit pengguna moge yang enggan mentaati peraturan lalu lintas, seperti menerobos lampu merah dan sebagainya. Hal ini pun menjadi keprihatinan tersendiri bagi Motor Besar Club (MBC) Depok.

"Sebenarnya kita sebagai pengguna moge selalu tertib lalu lintas. Itu (yang melanggar) hanya sebagian oknum saja. Kita sadar saat di jalan raya juga membawa nama klub atau komunitas," ukompak Amung dan Jokay, pendiri MBC Depok.

Menurutnya, justru bikers pengguna motor kecil yang lebih banyak melanggar peraturan lalu lintas. Namun lain halnya dengan mereka yang sering luput dari pemberitaan media.

"Kita para pengguna moge saat lampu merah selalu berhenti di belakang marka. Kita tidak pernah jalan lewat trotoar. Karena kalau kita tertib lalu lintas, mereka (pengguna motor kecil) juga akan mengikutinya," imbuh Jokay.

Memang perlu kehati-hatian para pengguna moge saat berkendara. Karena sedikit kesalahan mereka akan menjadi 'bumbu' di dunia maya. "Begitu ada moge yang salah langsung menjadi sorotan. Tapi tidak bagi motor kecil."

Meski sebagai komunitas atau klub moge, mereka juga sering kali melakukan kegiatan sosial. Bukan hanya itu, pendalaman materi dan praktek safety riding pun sering kali mereka lakukan.

  • facebook share

RELATED NEWS

PPMKI Bikin Event Akbar

PPMKI Bikin Event Akbar

ACTUAL
Suzuki Bike Meet Medan-Malang

Suzuki Bike Meet Medan-Malang

ACTUAL
GSX-S150 Susuri Pantai Selatan

GSX-S150 Susuri Pantai Selatan

ACTUAL
YRFI Gorontalo Tanggapi Isu Politik

YRFI Gorontalo Tanggapi Isu Politik

ACTUAL

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company